6 Fakta Keuntungan Berinvestasi Reksa Dana Saham

Reksa Dana

6 Fakta Keuntungan Berinvestasi Reksa Dana Saham



Investasi reksa dana saham kini tidak hanya semakin mudah. Reksa dana saham juga menyimpan banyak keuntungan bagi investornya.

Untuk mempertahankan kekayaan, menabung saja tidak cukup. Bunga yang berada di bawah angka inflasi justru bisa membuat uang tabungan Anda terus menyusut. Salah satu pilihan cerdas yaitu dengan memilih reksa dana saham sebagai pilihan investasi. Di samping semakin mudah dijangkau, reksa dana saham juga menyimpan banyak keuntungan bagi investornya.


1. Nominal Investasi Kecil

Tidak butuh banyak modal untuk mulai berinvestasi di reksa dana saham. Saat ini ada banyak produk reksa dana saham yang bisa dibeli mulai dari nominal Rp 500.000. Bahkan, ada juga beberapa reksa dana saham yang bisa dibeli mulai dari nominal Rp 100.000.

Dengan nominal yang terjangkau itu, tentu kini siapapun bisa membeli reksa dana saham sebagai alternatif berinvestasi. Atau jika ingin yang lebih praktis, Anda juga bisa membeli reksa dana online.


2. Adanya Dukungan dari Manajer Investasi

Dibandingkan dengan investasi saham, berinvestasi di reksa dana saham jauh lebih sederhana. Dana yang masuk ke reksa dana saham biasanya akan dipecah ke beberapa saham yang masuk ke dalam produk reksa dana tersebut. Lalu manajer investasi akan membantu Anda mengelola dana tersebut. Kemudahan itu tidak akan Anda jumpai dalam investasi saham. Cara investasi reksa dana yang sederhana ini tentunya sangat cocok untuk para investor pemula.


3. Return Investasi yang Relatif Lebih Tinggi

Dari beberapa jenis reksa dana, reksa dana saham memiliki return yang cukup menarik. Jenis reksa dana yang tepat akan memberi bunga yang relatif jauh lebih tinggi dibandingkan dengan jenis reksa dana lainnya.

Perlu diketahui bahwa reksa dana saham tergolong sebagai investasi jangka panjang. Butuh waktu yang tidak sedikit untuk menikmati return dari investasi ini. Oleh karena itu, tidak perlu heran jika bunga reksa dana saham Anda pada awalnya akan bernilai minus selama beberapa tahun. Namun kemudian, kesabaran Anda akan terbayar dengan return yang relatif tinggi.


4. Keuntungan Bersih dari Pajak

Hingga saat ini belum ada aturan terkait pemungutan pajak pada produk reksa dana. Sehingga keuntungan yang diperoleh dari investasi ini bisa Anda terima bersih tanpa potongan pajak sama sekali. Namun, ada sebagian manajer investasi yang menarik potongan sebagai fee dari investornya.


5. Fleksibel

Reksa dana tergolong sebagai produk investasi yang fleksibel. Tidak sulit untuk menjual kembali atau menukarnya dengan produk reksa dana lain. Hal seperti ini sulit dijumpai pada investasi saham yang tingkat likuiditasnya bergantung pada saham yang dibeli. Misalnya jika saham tersebut sepi peminat, tentu akan sulit untuk menjualnya.


6. Diawasi OJK

Semua reksa dana sudah diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), baik yang dibeli langsung di bank, manajer investasi, maupun investasi online. Dana yang Anda gunakan untuk membeli reksa dana dijamin aman dan tidak akan hilang begitu saja. Meski begitu, Anda juga harus ingat bahwa reksa dana saham tergolong sebagai investasi berisiko tinggi. Oleh karena itu, Anda perlu memahami strategi investasi dan manajemen keuangan yang baik.

Kemudahan berinvestasi reksa dana saham bisa didapat melalui HSBC Internet Banking Reksa Dana. Anda dapat membeli reksa dana secara online hanya dengan tiga langkah mudah. Pertama, masuk ke akun HSBC Internet Banking yang Anda miliki. Lalu pilih produk reksa dana yang akan dibeli. Terakhir, Anda tinggal memasukkan jumlah top up dana investasi.

Keuntungan lainnya berinvestasi reksa dana di HSBC adalah adanya tenaga profesional dan jaringan yang dimiliki HSBC untuk memungkinkan Anda menemukan produk-produk reksa dana yang tepat dengan profil risiko Anda. Sehingga Anda tidak perlu dipusingkan lagi dengan pilihan produk reksa dana. Berinvestasi reksa dana di HSBC, invest with the best!

References:

  • hsbc.co.id/1/2/id/personal/wealth-management/investasi/mutual-funds
  • bareksa.com/id/text/2018/09/06/10-fakta-keuntungan-berinvestasi-di-reksadana/20255/news