Gaji 5 Juta Bisa Nabung? #YakinBisa dengan Cara Ini!

HSBC Advance

Gaji 5 Juta Bisa Nabung? #YakinBisa dengan Cara Ini!


Gaji 5 Juta Bisa Nabung? #YakinBisa dengan Cara Ini!


Menabung sebaiknya tidak menyisihkan dana dari pendapatan, tetapi membuat anggaran tersendiri sejak awal bulan. Ketahui rahasia cara menabung untuk Anda yang memiliki gaji 5 jutaan di sini.

Adanya resesi keuangan sangat mungkin memengaruhi Anda dan berdampak pada berkurangnya pemasukan keluarga. Bisa nggak ya tetap konsisten menabung meski gaji hanya Rp 5 juta?

Bahkan dalam kondisi seperti ini pun, Anda sebenarnya memiliki pilihan untuk menyimpan uang dengan cara menabung yang benar. Menabung bukan hanya bisa dilakukan oleh mereka yang berpendapatan besar. Menabung juga bisa dilakukan meski Anda berpendapatan Rp 5 juta.

Dengan menabung secara rutin, #YakinBisa memiliki cadangan dana yang bisa digunakan dalam situasi darurat. Dengan gaji lebih terbatas, tentunya Anda harus memiliki cara menabung yang efektif dan efisien. Berikut beberapa tips cara menabung yang dapat Anda pertimbangkan guna bisa memiliki simpanan untuk kebutuhan sewaktu-waktu yang di luar dugaan.


1. Anggaran Awal Bulan

Gaji 5 Juta Bisa Nabung? #YakinBisa dengan Cara Ini!

Apa yang Anda lakukan tiap kali mendapatkan pendapatan atau gaji pada awal bulan? Kebanyakan orang akan langsung membayar berbagai tagihan di awal bulan. Sisanya, mau tidak mau, harus mampu mencukupi berbagai kebutuhannya selama 30 hari ke depan. Padahal, ini sering kali tidak cukup dan terpaksa membuat Anda melakukan utang kembali.

Biasakan membuat anggaran pengeluaran tiap bulan. Tetapkan besaran tetap untuk ditabung setiap bulan sebelum membayar tagihan bulanan. Jumlahnya tidak perlu terlalu besar, tetapi hal ini penting dilakukan secara rutin setiap bulan.

Dari sana, Anda bisa mengatur pengeluaran bulanan lainnya selama sebulan ke depan. Tetapkan pos-pos pengeluaran rutin bulanan, seperti tagihan rumah, kartu kredit, dan pengeluaran belanja bulanan.


2. Menabung di Awal

Gaji 5 Juta Bisa Nabung? #YakinBisa dengan Cara Ini!

Berapa pun besaran gaji yang diterima, akan sulit untuk menabung jika Anda melakukannya dari sisa pengeluaran pada akhir bulan. Sebaliknya walaupun gaji hanya Rp 5 juta, Anda tetap bisa menabung jika mulai menyisihkan pada awal saat menerima gaji atau pendapatan.

Secara psikologis, manusia cenderung akan menggunakan uang yang dimilikinya untuk memenuhi berbagai hal, mulai dari hal yang dibutuhkan sampai yang diinginkan jika memiliki uang. Artinya, walaupun sebenarnya kebutuhan Anda sudah terpenuhi, akan sulit menyisihkan uang untuk ditabung sebab ada keinginan yang juga menuntut untuk dipenuhi.

Dengan menabung sejak awal, Anda memberi batasan kepada diri sendiri mengenai uang yang bisa dipakai untuk kebutuhan maupun keinginan. Cara ini pun akan membuat Anda menjadi pribadi yang lebih berkomitmen untuk menabung. Berapapun gaji yang Anda peroleh, biasakan sisihkan 20 persen ke anggaran menabung tiap awal bulan.


3. Sediakan Anggaran Untuk Kebutuhan Darurat

Gaji 5 Juta Bisa Nabung? #YakinBisa dengan Cara Ini!

Anda mungkin sudah menganggarkan nominal tabungan tiap awal bulan untuk disisihkan. Namun ternyata di pertengahan bulan, ada suatu kebutuhan tidak terduga yang membuat Anda harus mengeluarkan uang lebih. Alhasil, uang yang tadinya hendak ditabung menjadi dialihkan untuk membayar kebutuhan yang muncul mendadak tersebut.

Kebutuhan mendadak memang tidak bisa diprediksi dan dapat terjadi pada siapa saja. Namun, bukan berarti Anda tidak dapat mempersiapkannya. Agar tidak merenggut dana tabungan yang sudah Anda persiapkan, baiknya Anda juga membuat anggaran jaga-jaga di awal bulan. Anggaran jaga-jaga tersebut di luar biaya rumah tangga dan kebutuhan rutin Anda.

Dibuatnya anggaran diharapkan dapat digunakan sewaktu-waktu apabila ada keperluan mendadak. Berdasarkan riset, sebaiknya kita memiliki tabungan dana darurat dengan nominal 3-6 kali dari kebutuhan bulanan normal.


4. Memiliki Rekening Terpisah

Gaji 5 Juta Bisa Nabung? #YakinBisa dengan Cara Ini!

Sering kali Anda sudah merasa sukses ketika bisa menabung di awal bulan. Namun, ada kalanya dana yang sudah ditabung tersebut ternyata terpakai untuk memenuhi kebutuhan pada pertengahan atau akhir bulan. Padahal, sebenarnya masih ada dana lain yang dapat dipakai.

Hal ini sering disebabkan karena dana untuk tabungan masih digabung dengan dana untuk hal lainnya. Banyak orang yang menggunakan cara ini untuk menghindari ke-ribet-an. Namun, cara ini sangat tidak efektif untuk mendukung perencanaan keuangan yang baik.

Dana tabungan Anda tidak akan berkembang karena akan sering terpakai untuk kebutuhan lainnya. Untuk menghindarinya, sebaiknya Anda punya 2 jenis rekening, yaitu rekening untuk kebutuhan harian dan rekening untuk menabung/investasi.

Dalam hal rekening untuk kebutuhan harian, Anda bisa gunakan tabungan reguler yang memberikan banyak kemudahan dalam bertransaksi finansial, karena tentunya dana yang disimpan akan sering digunakan.

Sedangkan, dana untuk tabungan atau investasi jangka panjang sebaiknya Anda menyimpannya pada produk perbankan khusus yang bisa membantu mengelola dan mengembangkan tabungan Anda seperti HSBC Advance yang bisa menjadi solusi keuangan yang komprehensif untuk Anda.

HSBC Advance akan memberikan kemudahan dalam memegang kendali atas keuangan Anda dan kemudahan dalam layanan perbankan sehari-hari. Untuk tabungan sendiri, Anda bisa mendapatkan produk tabungan dan deposito dalam 12 mata uang dengan suku bunga tabungan yang tinggi hingga 3,5% melalui HSBC High Saving Rate, serta suku bunga deposito yang menarik melalui HSBC Internet Banking.

Tidak hanya tabungan, HSBC Advance juga dapat menjadi solusi keuangan yang komprehensif yang akan memberikan Anda akses ke produk wealth management pilihan, kebebasan bertransaksi melalui kartu debit dan kartu kredit tanpa iuran tahunan.

#YakinBisa menabung dan mengelola keuangan untuk wujudkan apapun impian Anda bersama HSBC Advance. Info lebih lanjut, kunjungi halaman website HSBC Advance!


References:

  • cimbniaga.co.id/id/inspirasi/perencanaan/cara-menabung-yang-benar-menurut-pakar-keuangan
  • koinworks.com/blog/menabung-mudah-yang-unik-dan-efektif/
  • cnnindonesia.com/gaya-hidup/20190813102627-284-420793/cara-menabung-yang-benar-meski-bergaji-sedikit
  • liputan6.com/bisnis/read/4158284/jangan-asal-menabung-ini-cara-yang-benar-biar-lebih-untung