5 Cara Mudah Optimalkan Investasi Reksadana

HSBC Premier

5 Cara Mudah Optimalkan Investasi Reksadana


5 Cara Mudah Optimalkan Investasi Reksadana


Return investasi reksadana mungkin tidak begitu besar. Namun dengan strategi dan eksekusi yang tepat, reksadana bisa menjadi investasi menguntungkan.

Untuk bisa merdeka secara finansial, butuh lebih dari sekedar tabungan dalam jumlah besar. Aset berharga yang dimiliki juga harus dijaga bahkan dikembangkan dengan investasi. Dewasa ini, ada banyak instrumen investasi menguntungkan yang bisa dibeli. Namun bagi Anda masih awam dengan dunia investasi, reksadana bisa menjadi titik awal untuk mulai berinvestasi.

Reksadana merupakan salah satu instrumen investasi menguntungkan yang paling banyak dilirik oleh investor pemula. Dibandingkan dengan deposito, bunga reksadana relatif lebih tinggi. Risikonya juga lebih rendah jika dibandingkan dengan investasi saham. Namun agar return yang diperoleh lebih maksimal, Anda harus tahu bagaimana cara berinvestasi secara optimal.


Mulai Berinvestasi dengan Nominal Kecil

Investasi adalah kegiatan yang berisiko. Risiko penurunan atau bahkan kehilangan nilai bisa saja terjadi. Jika Anda baru berinvestasi di reksadana, sangat disarankan untuk memulainya dengan nominal yang kecil.

Mulai berinvestasi dari nominal kecil memberi banyak kelebihan. Karena jumlah uang yang diinvestasikan sedikit, risiko yang ditanggung juga rendah. Jadi meski terjadi penurunan atau kehilangan nilai, semua itu masih berada dalam batas toleransi.

Reksadana sendiri ada banyak jenisnya. Mulai dari reksadana pasar uang, pendapatan tetap, campuran hingga saham, setiap jenis reksadana memiliki tingkat risiko yang berbeda. Pilihlah reksadana yang risiko paling rendah. Di sini, Anda bisa memulainya dari reksadana pasar uang.


Selalu Belajar dan Tingkatkan Pengetahuan Mengenai Reksadana

5 Cara Mudah Optimalkan Investasi Reksadana

Sebenarnya reksadana tergolong sebagai instrumen investasi finansial yang paling mudah dikelola. Meski demikian, jika ingin menikmati investasi menguntungkan, Anda tetap harus membekali diri dengan pengetahuan yang dibutuhkan sebelum mulai berinvestasi.

Pengetahuan mengenai reksadana harus terus ditingkatkan. Setelah memahami apa itu reksadana dan jenis-jenisnya, kembangkan pengetahuan Anda dengan mempelajari hal-hal terkait reksadana. Misalnya saja seperti mempelajari faktor-faktor yang mempengaruhi naik turunnya nilai reksadana.

Karena komposisi aset yang berbeda, setiap jenis reksadana juga memiliki karakter yang berbeda. Saat satu jenis reksadana menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan, bisa saja penurunan nilai justru terjadi di jenis reksadana yang lain. Dengan konsisten meningkatkan pengetahuan tentang reksadana, akan lebih mudah bagi Anda untuk mengelola dan mengembangkan dana.


Tingkatkan Pengalaman Berinvestasi

5 Cara Mudah Optimalkan Investasi Reksadana

Ada beberapa hal yang hanya bisa dipelajari dengan cara mengalaminya secara langsung. Melalui pengalaman, pengetahuan yang sudah dipelajari akan terkonfirmasi. Namun jika ada beberapa pengetahuan yang sudah tidak update lagi, di sinilah waktunya untuk memperbaiki.

Pengalaman berinvestasi akan membuka pengetahuan yang sebelumnya hanya sebatas teori. Bagaimana melakukan screening produk reksadana, komponen apa saja yang perlu diperhatikan sebelum membeli sebuah produk reksadana hingga tata cara membeli reksadana, semua itu hanya bisa dipelajari dengan cara melakukannya.

Di samping itu, banyaknya produk reksadana yang tersedia juga bisa menjadi masalah tersendiri. Jenis reksadana memang hanya ada empat. Namun mengingat banyaknya manajer investasi yang menawarkan produk reksadana, ada banyak produk reksadana yang tersedia di Indonesia. Untuk bisa mengetahui produk mana yang sebaiknya dibeli, Anda harus mencoba berinvestasi. Dengan cara inilah, Anda bisa mengetahui karakteristik dari produk reksadana.


Meminimalisir Biaya dalam Berinvestasi

5 Cara Mudah Optimalkan Investasi Reksadana

Jual beli reksadana pada dasarnya tidak berbeda jauh dengan jual beli barang pada umumnya. Setiap produk reksadana memiliki harganya masing-masing. Namun saat membeli sebuah produk reksadana, jangan hanya fokus pada harganya. Perhatikan juga fee-nya.

Sedikitnya ada tiga biaya atau fee yang melekat pada transaksi jual beli reksadana, yang meliputi fee beli, fee jual dan fee switching. Besaran fee ini sangat bervariasi tergantung pada jenis produk reksadana dan kebijakan dari penerbit reksadana.

Meski demikian, ada juga beberapa jenis dan produk reksadana yang tidak ada fee-nya atau, setidaknya hanya akan dibebankan dalam kondisi-kondisi tertentu. Jika memungkinkan, carilah produk reksadana yang tidak ada fee-nya atau fee-nya rendah. Selain itu, jangan terlalu sering melakukan aksi beli, jual atau switching.


Pilih Produk Reksadana yang Sesuai Kebutuhan dan Kemampuan

5 Cara Mudah Optimalkan Investasi Reksadana

Orientasi investasi menguntungkan tidak selalu berhubungan dengan return tahunan yang tinggi. Perlu diingat, return tahunan pada dasarnya adalah angka rata-rata. Jadi sangat mungkin sebuah produk reksadana mengalami peningkatan nilai yang signifikan di tahun tertentu namun justru terpuruk di tahun yang lain.

Agar bisa menikmati hasil investasi, pilihlah produk reksadana yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Investasi untuk tujuan mempersiapkan dana pendidikan anak dengan investasi dana pensiun tentu berbeda. Produk reksadana yang sebaiknya dipilih juga tidak sama. Karena itu, pastikan untuk menentukan tujuan Anda berinvestasi sebelum mulai membeli reksadana. Untuk itu, Anda membutuhkan perencanaan yang tepat.

Dalam hal ini, HSBC Premier hadir sebagai solusi perencana masa depan finansial Anda. Berbagai kemudahan dalam mewujudkan tujuan dan mimpi bisa Anda temukan di sini. Anda bisa mendapatkan berbagai keuntungan mulai dari relationship manager berstandar internasional, analisa kebutuhan finansial, solusi komprehensif pengelolaan dana hingga Wealth Dashboard untuk memudahkan pemantauan portofolio Wealth Management Anda.

Yuk, jadikan hidup Anda lebih hidup bersama HSBC Premier yang akan selalu membantu Anda dalam setiap langkah finansial Anda!


References:

  • cermati.com/artikel/dapat-untung-maksimal-reksa-dana-itu-mudah-dengan-4-strategi-ini
  • finansialku.com/5-cara-memaksimalkan-hasil-investasi-reksa-dana-untuk-pemula/
  • hsbc.co.id/1/2/id/personal/hsbc-premier/special-privileges-anda