5 Cara Mudah Transfer Dana ke Luar Negeri

Premier

5 Cara Mudah Transfer Dana ke Luar Negeri


5 Cara Mudah Transfer Dana ke Luar Negeri


Memilih cara transfer ke luar negeri yang sesuai untuk manajemen keuangan Anda.

Dalam sudut pandang manajemen keuangan, kegiatan transaksi internasional memerlukan perencanaan yang baik. Transfer uang ke luar negeri bisa dilakukan oleh pribadi maupun perusahaan. Tujuan keperluan transfernya pun bisa beragam. Dengan berbagai macam kebutuhan tersebut, Anda bisa memilih berbagai metode yang pas untuk kebutuhan.

Ada sejumlah metode transfer dana ke luar negeri yang diselenggarakan beberapa penyedia jasa keuangan. Masing-masing mempunyai karakteristik sendiri. Berikut lima cara transfer ke luar negeri yang bisa Anda manfaatkan.


1. Menggunakan Western Union

Sejauh ini, cara transfer menggunakan jasa Western Union merupakan salah satu metode yang cukup populer. Gerai penyedia jasa transfer menggunakan cara ini memang tersebar di berbagai tempat. Mulai dari minimarket hingga kantor pos bahkan sampai di kota kecil. Cukup mudah untuk menemukan logo Western Union di tempat-tempat tersebut.

Cara mentransfer uang menggunakan Western Union juga lumayan sederhana. Anda tinggal datang ke outlet yang berlogo perusahaan ini dengan membawa identitas lengkap. Pastikan juga Anda sudah memiliki data identitas penerima secara lengkap. Pengirim dana juga tidak wajib memiliki rekening bank tertentu saat mentransfer dana.

Setelah dana diserahkan, dalam waktu yang relatif tidak terlalu lama penerima akan diberi notifikasi untuk mengambil uang di agen Western Union terdekat dari tempat tinggalnya. Biaya jasa yang ditarik penyedia jasa sendiri beragam sesuai jumlah transaksi. Jika angka nominal transaksinya sedikit, misalnya di bawah Rp 2 juta, besaran jasanya bisa berkisar belasan persen dari nominal uang yang ditransfer.


2. Kirim uang lewat Moneygram

Cara kerja Moneygram terlihat tidak jauh berbeda dengan Western Union. Anda tinggal mendatangi gerai berlogo Moneygram terdekat dari tempat tinggal dan menyerahkan identitas pengirim dan penerima.

Pihak penerima juga akan diberi pemberitahuan untuk mengambil uang setelah dana diterima. Perhitungan biaya jasanya menggunakan skema yang didasarkan pada berapa jumlah uang yang dikirim dan negara tujuannya.


3. Transfer antarbank

Beberapa bank di Indonesia juga memungkinkan nasabahnya untuk mentransfer dana ke luar negeri. Transfer dana antarbank di seluruh dunia ini bisa dilakukan dengan mendatangi teller di kantor cabang bank terdekat.

Nasabah yang akan mengirim dana ke luar negeri akan dimintai data identitas lengkap dari penerima dan data bank yang mengeluarkan rekening penerima. Tidak kalah penting, pengirim juga harus sudah mengetahui SWIFT Code dari bank penerima.

Proses transfer antarbank internasional bisa berlangsung lama hingga beberapa hari. Ini mengingat bank pengirim bisa melewati tahapan tertentu seperti bank korespondensi sebelum masuk ke rekening penerima. Tiap bank biasanya juga akan membebankan biaya transaksi. Transaksi dengan metode ini bisa dilakukan pribadi maupun perusahaan, baik dengan rekening tabungan maupun giro.


4. Mengirim saldo PayPal

PayPal adalah fasilitas yang beroperasi secara virtual yang menjadi fasilitator yang dapat menyimpan saldo. Jadi, Anda dapat memindahkan sejumlah saldo dari rekening pribadi ke akun PayPal untuk selanjutnya ditransfer ke akun PayPal lain. Pemilik akun yang menerima saldo PayPal kemudian bisa menariknya ke rekening bank pribadi.

Cara ini cukup praktis dan cepat. Biaya transaksi juga bisa berlaku selama proses pemindahan dana antar-rekening PayPal. Selain itu, saat memindahkan saldo rekening bank ke akun PayPal dan sebaliknya juga bisa dikenakan biaya. Salah satu syarat mendaftar PayPal adalah Anda harus memiliki kartu berlogo VISA atau Mastercard yang sudah divalidasi.


5. Transfer melalui rekening HSBC

Bagi nasabah bank yang beroperasi secara global biasanya akan disediakan fasilitas transfer internasional. Ini bisa mempermudah pengaturan manajemen keuangan.

Di HSBC terdapat fasilitas transfer internasional. Rekening pribadi dan bisnis sudah dilengkapi fitur untuk mengirim dana ke luar negeri secara real-time dengan fasilitas Global Transfer, yaitu kemudahan transfer instan antar-rekening HSBC. Bahkan, untuk jenis rekening tertentu tidak dikenakan biaya transfer.


Beragam cara yang bisa dilakukan untuk mengirim dana ke luar negeri. Pertimbangkan metode mana yang paling cocok dan menguntungkan bagi perhitungan manajemen keuangan Anda.


References:

  • hsbc.co.id/1/2/en/personal/wealth-management/managing-and-growing-wealth
  • truemoney.co.id/berita/wajib-tahu-5-cara-kirim-uang-ke-luar-negeri
  • aturduit.com/articles/layanan-kirim-terima-uang-antar-negara/