7 Alasan Mengapa Eropa Menjadi Tempat Menarik Untuk Studi S2

Lifestyle

7 Alasan Mengapa Eropa Menjadi Tempat Menarik Untuk Studi S2


7 Alasan Mengapa Eropa Menjadi Tempat Menarik Untuk Studi S2


Kuliah di Eropa bisa menjanjikan banyak hal menarik. Pendidikan luar negeri tentu akan membuka cakrawala pemikiran menjadi lebih luas.

Ketika ijazah sarjana sudah di tangan, terkadang pilihan untuk melanjutkan studi ke jenjang selanjutnya juga menjadi opsi yang menarik. Ini berlaku buat Anda yang memang cukup menyukai bidang pendidikan yang sudah ditekuni atau jika ingin mendalami bidang ilmu tersebut secara lebih dalam. Melanjutkan jenjang S2 jadi hal yang bisa dipertimbangkan. Selain mencari almamater di dalam negeri, mengejar program Master di luar negeri juga bisa ditempuh. Pendidikan luar negeri untuk program S2 juga dianggap bisa memenuhi ekspektasi keilmuan bagi sebagian orang.

Ada beberapa tujuan negara yang menjadi favorit untuk melanjutkan kuliah. Sebagian diantaranya adalah negara-negara di Eropa. Memang, kuliah di Eropa bisa menjanjikan sejumlah kelebihan. Benua ini bisa menjadi destinasi studi yang proporsional, sekaligus juga menyenangkan. Kami rangkum alasan mengapa benua biru bisa menjadi tempat yang layak untuk dituju ketika Anda ingin melanjutkan studi S2.


1. Pusat perkembangan ilmu pengetahuan barat

Saat ini disiplin ilmu pengetahuan barat jadi acuan untuk hampir semua pembelajaran di dunia. Ilmu pengetahuan barat ini sendiri dikembangkan di benua Eropa. Banyak disiplin ilmu yang berkembang di tempat ini. Beberapa ilmuwan di sejumlah disiplin ilmu juga lahir sepanjang perkembangan pendidikan di benua ini.


2. Banyak kampus-kampus dengan reputasi baik

Beberapa negara di Eropa punya institusi pendidikan tinggi yang mempunyai reputasi yang cukup diperhitungkan di masing-masing disiplin ilmu. Kampus-kampus ini tersebar di berbagai kota di negara-negara tertentu. Beberapa hasil karya ilmiahnya juga cukup diperhitungkan.


3. Biaya pendidikan yang bervariasi

Dibanding tujuan pendidikan luar negeri yang lain, seperti Amerika Serikat misalnya, sebagian perguruan tinggi di Eropa ada yang mematok biaya yang cenderung lebih murah. Ini bisa menjadi keunggulan tersendiri karena dengan grade yang tidak kalah baik, biaya yang dikeluarkan untuk kuliah di Eropa bisa lebih terjangkau.


4. Tersedia banyak beasiswa

Selain biayanya lebih terjangkau untuk bidang studi tertentu, kuliah di Eropa juga memberikan lumayan banyak peluang untuk mengejar beasiswa. Beberapa institusi penyedia beasiswa sering mengadakan program pendanaan untuk beberapa kampus di Eropa.


5. Terdapat komunitas diaspora di sejumlah negara

Di banyak negara di Eropa, komunitas orang Indonesia relatif cukup aktif. Sebagian diantaranya merupakan sesama mahasiswa yang sedang kuliah di beberapa kampus ternama. Ini juga bisa menjadi keuntungan bagi mahasiswa baru untuk sekedar berbagi pengalaman atau berinteraksi dengan sesama WNI.


6. Sarana memperluas pergaulan

Benua Eropa juga menjadi tempat bertemunya mahasiswa-mahasiswa dari berbagai belahan dunia lain yang sedang menempuh studi di sejumlah kampus. Karena itulah, kondisi ini juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana memperluas pergaulan, relasi atau jaringan bagi mahasiswa yang bisa berguna untuk masa depannya.


7. Bisa sekaligus liburan

Beberapa kota di Eropa sudah terkenal menjadi tujuan wisata. Banyak kota-kota yang kebetulan juga memiliki kampus-kampus favorit juga menjadi tujuan wisatawan mancanegara. Ketika Anda berkuliah di kota-kota tersebut, maka bisa ikut menikmati keindahan suasananya. Akses ke kota lain di sekitarnya pun mudah apabila Anda ingin berlibur di akhir pekan atau saat tidak ada jadwal kuliah.

Melanjutkan studi dengan kuliah di Eropa bisa menjadi langkah yang cukup bisa dipertimbangkan. Kualitas pendidikan di beberapa negara di benua ini sepertinya lumayan menjadi patokan untuk perkembangan pendidikan di dunia. Aksesibilitas ke wilayah ini pun sekarang semakin bisa lebih praktis. Bagi Anda pemegang rekening HSBC, akses untuk mengirim biaya pendidikan luar negeri atau biaya hidup ke Eropa dari dalam negeri atau sebaliknya bisa lebih mudah dengan memanfaatkan fitur Global View Global Transfer . Mengirim dana ke Eropa kini bisa lebih cepat dengan fasilitas ini.


References:

  • https://ehef.id/post/5-alasan-menarik-untuk-kuliah-di-eropa
  • http://hotcourses.co.id/study-abroad-info/destination-guides/15-alasan-mengapa-kamu-harus-lanjut-studi-di-eropa/
  • https://international.sindonews.com/read/1112133/40/ini-alasan-mengapa-harus-kuliah-di-eropa-versi-dubes-ue-1464415684
  • https://www.universityguideonline.org/id/InternationalPathways/why-study-in-europe