6 Tips Dalam Memilih Rekening Tabungan

Wealth Management

6 Tips Dalam Memilih Rekening Tabungan


6 Tips Dalam Memilih Rekening Tabungan


Cukup sulit menemukan tabungan tanpa biaya admin. Namun dengan tips berikut ini, kamu bisa menemukan apa yang kamu cari.

Tabungan dikenal sebagai salah satu produk keuangan yang paling populer. Selain digunakan untuk menerima gaji dan menabung, tabungan juga kerap dimanfaatkan untuk tujuan investasi. Untuk memperoleh manfaat yang maksimal, kamu harus mempertimbangkan beberapa hal. Jika kamu cukup jeli, menemukan tabungan tanpa biaya admin bukan lagi hal yang mustahil.

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih rekening tabungan di antaranya adalah jumlah saldo minimal, jumlah setoran awal hingga fasilitas yang ditawarkan. Untuk lebih jelasnya, berikut tips memilih rekening tabungan.


1. Pahami Kebutuhan

Sebelum mulai mencari rekening tabungan yang cocok untukmu, pahami kebutuhanmu terlebih dahulu. Saat ini ada banyak jenis tabungan yang tersedia. Mulai dari tabungan konvensional, tabungan berjangka, tabungan anak hingga tabungan haji, semua hadir dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Dengan memahami kebutuhanmu, menemukan jenis tabungan yang paling sesuai akan terasa lebih mudah.


2. Jumlah Setoran Awal

Tidak semua jenis rekening memiliki jumlah setoran awal yang sama. Setiap bank juga memiliki kebijakannya masing-masing terkait jumlah setoran awalnya. Jumlah setoran awal yang rendah memang lebih memudahkan calon nasabah dalam membuka rekening baru. Namun untuk yang satu ini, kamu bisa menyesuaikannya dengan kapasitas finansialmu.


3. Saldo Minimal

Tidak semua uang yang ada di dalam tabungan bisa kamu tarik. Kamu harus menyisakannya dalam jumlah tertentu. Semua bank memiliki kebijakan seperti ini. Meski demikian, setiap bank memiliki kebijakan yang berbeda terkait jumlah saldo minimal yang tidak boleh diambil.

Dalam hal ini, ada baiknya jika kamu memilih bank yang kebijakan saldo minimalnya paling kecil. Dengan demikian, uang yang harus mengendap dan tidak bisa digunakan juga semakin kecil bahkan hilang sama sekali.


4. Jaminan Rekening Tabungan

Sebenarnya semua tabungan dan deposito dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan). Meski demikian, ada baiknya jika kamu memastikan hal tersebut sebelum membuka rekening tabungan. Dengan adanya jaminan rekening tabungan, uang yang kamu simpan akan lebih aman. Jika memang ada kasus di mana saldo kamu berkurang tanpa sebab yang jelas, kamu bisa meminta pertanggungjawaban.


5. Biaya Administrasi Bulanan

Bank mengenakan biaya administrasi untuk jasa yang ditawarkannya. Biaya administrasi ini akan dikenakan setiap bulannya dan langsung memotong uang tabungan yang tersimpan dalam rekening.

Besarnya biaya administrasi bulanan ini berbeda-beda tergantung pada jenis tabungan dan bank penyedia jasa penyimpanan. Meski demikian, memang ada beberapa bank yang menawarkan free biaya admin. HSBC adalah salah satu bank yang menyediakan layanan seperti ini.


6. Fasilitas Layanan Perbankan

Setiap nasabah tentu tidak hanya ingin menyimpan uangnya dengan aman di bank yang mereka percaya. Mereka juga menginginkan fasilitas tambahan untuk menunjang transaksi yang mereka lakukan.

Saat ingin membuka rekening tabungan, pastikan untuk mempertimbangkan fasilitas perbankan yang disediakan. Minimal perhatikan apakah akses ATMnya mudah. Bagi kamu yang sering bertransaksi, pertimbangkan juga fasilitas internet banking dan mobile banking. Di era digital seperti sekarang ini, kedua layanan tersebut sudah menjadi kebutuhan yang cukup mendasar bagi para nasabah.

Menemukan jenis tabungan yang paling ideal memang bukan perkara mudah. Jika mengacu pada 6 tips di atas, cukup sulit untuk menemukan jawaban ideal. Meski demikian, bukan berarti rekening tabungan ideal itu tidak ada. HSBC memiliki jawabannya.

Di HSBC, kamu bisa membuka rekening dengan setoran awal minimal Rp 1.000.000. Selain itu, kamu juga tidak perlu khawatir dengan biaya administrasi bulanan. Dengan rekening tabungan HSBC, kamu bisa fokus menabung dan berinvestasi.


References:

  • https://financer.com/id/tabungan-investasi/rekening-tabungan/
  • https://mre.co.id/tips-memilih-tabungan/
  • https://www.amalan.com/id/blog/4-hal-yang-harus-diperhatikan-dalam-memilih-rekening-khusus-tabungan
  • https://www.aturduit.com/articles/tips-memilih-tabungan-yang-tepat
  • https://www.hsbc.co.id/1/2/id/misc/tariff-and-charges