Sudah Siapkah Anda Jadi Crazy Rich Retiree?

Wealth Management

Sudah Siapkah Anda Jadi Crazy Rich Retiree?


Sudah Siapkah Anda Jadi Crazy Rich Retiree?


Punya tabungan pensiun yang banyak dan jadi Crazy Rich Retiree di masa tua nanti? Kenapa tidak? Ini dia resep rahasia untuk Anda.

Setiap orang akan memasuki masa pensiun, saat yang mana tubuh tak lagi muda dan produktivitas sudah tak berada di puncaknya. Di masa-masa tersebut, sudahkah Anda menyiapkan tabungan pensiun bagi diri sendiri agar tak menjadi beban anak cucu? Menyiapkan diri untuk menjadi Crazy Rich Retiree atau pensiunan berlimpah harta bukan mustahil. Hanya saja harus dipersiapkan sejak saat ini!


Serba-serbi Dana Pensiun

Masa pensiun banyak diimpikan sebagai momen yang mana orang bisa beristirahat dari pekerjaan mereka untuk jangka waktu yang tak terbatas. Oleh karena itu, tak sedikit yang ingin menghabiskan masa pensiunnya dengan bersantai di tempat-tempat wisata favorit, pantai-pantai indah dan nyaman, bahkan berkeliling dunia untuk menikmati aneka keindahan yang luput disaksikan di masa produktif karena sibuk bekerja.

Tentu saja, untuk menggapai semua impian tersebut dibutuhkan dana yang tidak sedikit. Anda tentu tidak sedang memikirkan seorang backpacker yang berkeliling dunia seadanya dengan modal dengkul dan sedikit uang, bukan? Kenyamanan adalah yang nomor satu ketika ingin bepergian di usia pensiun. Wajar jika akhirnya Anda harus mempersiapkan dana yang besar.

Belum lagi dengan kondisi kesehatan yang sudah tak seperti di masa muda. Sering kali mereka yang memasuki usia pensiun membutuhkan check up kesehatan rutin atau segudang kebutuhan lain yang juga tidak sedikit. Pada banyak kesempatan, dana atau tabungan pensiun memegang peranan penting untuk memastikan Anda tetap hidup nyaman di masa tua, bahkan hidup lebih bahagia lagi.

Ada yang bilang bahwa masa pensiun adalah weekend setiap hari, tak hanya hari Sabtu dan Minggu saja. Jika saat ini saja biaya hidup saat weekend jauh lebih tinggi dari weekdays, tentu Anda tak berpikir bahwa biaya hidup Anda akan lebih murah setelah pensiun bukan?

Sayangnya, meski dana atau tabungan pensiun begitu penting, tak semua orang memiliki atau mempersiapkannya sejak dini. Dari hasil survei yang dilakukan HSBC Holdings terhadap seribu lebih responden di Indonesia, ternyata diketahui bahwa hanya 30 persen saja yang telah memiliki kesadaran akan tabungan pensiun dan mempersiapkannya lewat berbagai instrumen. Hal ini tampaknya tidak selaras dengan fakta bahwa sekitar 68 persen responden yang sama ternyata menginginkan untuk hidup tetap nyaman meski telah memasuki masa pensiun.

Lebih parah lagi, sebanyak 75 persen responden menyatakan bahwa mereka berharap akan ditanggung oleh anak mereka selama masa pensiun. Namun sayang, hasil survei juga mengungkapkan bahwa dari antara responden-responden tersebut, hanya 24 persen yang betul-betul ditanggung oleh anak mereka. Sebagian besar responden rupanya berjuang sendiri memenuhi kebutuhan hidup selama hari tua mereka dengan berwirausaha, bekerja lagi, memakai tabungan, menjual properti, hingga berharap bantuan negara.


Mempersiapkan Dana Pensiun

Tentunya, Anda tak ingin menjadi salah satu dari pensiunan yang tak bisa menikmati masa pensiunnya karena harus terus berjuang untuk menghidupi diri. Di sinilah pentingnya mempersiapkan dana atau tabungan pensiun. Dengan perencanaan yang matang dan dilakukan sedini mungkin, hidup tenang saat pensiun bisa dilakukan, bahkan menjadi Crazy Rich Retiree bukan sekadar impian saja!

Lantas, bagaimana cara terbaik untuk mempersiapkan dana atau tabungan pensiun? Sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan dana pensiun sesuai dengan situasi ekonomi saat ini. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda simak.

1. Menabung

Menabung adalah hal penting yang paling mendasar dan bisa dilakukan semua orang ketika berbicara tentang bagaimana mempersiapkan dana pensiun. Kebiasaan ini bisa dilakukan sedari dini, bahkan sejak Anda pertama bekerja dan menghasilkan uang. Tak masalah berapa jumlah yang Anda tabung, yang terpenting adalah komitmen untuk menabung setiap bulan.

Sebagai patokan untuk memudahkan menabung, Anda bisa mencoba untuk menyisihkan setidaknya 10 hingga 20 persen gaji untuk tabungan pensiun tersebut di awal-awal masa kerja Anda. Seiring berjalannya waktu dan meningkatnya penghasilan, Anda bisa meningkatkan porsi tabungan pensiun hingga 15 sampai 25 persen. Namun jika kebutuhan keluarga membesar karena adanya anggota keluarga baru atau kebutuhan lainnya, porsi tak perlu dinaikkan tapi usahakan tetap.

Meski demikian, bergantung sepenuhnya dari menabung untuk dana pensiun tidak begitu disarankan. Tabungan pensiun yang baik sebaiknya tidak benar-benar dititik beratkan pada menabung biasa. Mengapa? Sebab biasanya profit menabung bisa dikalahkan oleh inflasi, sehingga alih-alih mendapatkan keuntungan maksimal, bisa-bisa malah tidak mendapat untung sama sekali.

2. Investasi

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengumpulkan dana atau tabungan pensiun adalah dengan melakukan investasi. Jika Anda telah terbiasa menabung dan memiliki sejumlah uang, maka tabungan tersebut bisa menjadi modal awal yang tepat untuk investasi Anda. Dengan memiliki sejumlah modal, Anda bisa menyalurkannya ke berbagai instrumen investasi yang diinginkan.

Satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah sebaiknya tidak sembarangan dalam memilih instrumen investasi. Pemilihan yang ceroboh tidak jauh beda dengan sekadar berjudi atau menebak mana investasi yang bakal menguntungkan dan ini adalah sikap yang harus dihindari. Jadi, dalam menentukan instrumen investasi yang tepat, Anda perlu mempertimbangkan imbal hasil yang bisa dicapai oleh investasi Anda. Sebagai contoh, jika perkiraan inflasi yang akan terjadi sekitar 3,5 persen, maka biasanya return atau hasil yang ditawarkan deposito berada di rentang 4,5 persen, sedangkan reksadana ada di kisaran 6 persen. Semakin Anda memilih investasi yang return-nya melebihi inflasi, Anda akan mendapatkan profit yang bagus.

Selain mempertimbangkan imbal hasil yang bisa didapat, Anda juga sebaiknya mempertimbangkan jangka waktu dari instrumen investasi yang akan dipilih. Pertimbangan jangka waktu amat penting agar tidak terlalu lama menunggu cairnya dana saat Anda membutuhkannya. Memang, untuk dana atau tabungan pensiun, investasi dengan jangka waktu yang cukup lama tak masalah sebenarnya. Namun memilih investasi dengan jangka waktu yang lebih pendek juga tak masalah. Bahkan dengan memilih investasi tersebut, ada kesempatan besar untuk memindahkan investasi jika ada instrumen lain yang lebih menguntungkan.

Sebagai sedikit panduan dalam memilih jangka investasi, Anda bisa memilih tabungan deposito jika ingin mendapatkan hasil dalam waktu 6 bulan atau lebih. Sementara jika mau mendapatkan hasil dalam waktu sekitar 1 tahun, instrumen investasi berupa reksadana bisa jadi pilihan. Lainnya, jika ingin investasi untuk jangka waktu 3 tahun atau lebih, obligasi ritel pemerintah dan surat hutang adalah pilihan yang baik.

3. Ikut program persiapan masa pensiun

Selain menabung mandiri dan berinvestasi, ada pilihan lain untuk mempersiapkan masa pensiun. Beberapa yang ramai digemari orang adalah asuransi dana pensiun dan yang lebih umum lagi adalah BPJS Ketenagakerjaan. Untuk menghindari penumpukan premi, ada baiknya Anda menggunakan sistem auto-debet dari tabungan setelah gaji diterima.

Jika dirasa secara finansial belum mampu menyokong kehidupan pensiun yang terjamin, ada baiknya Anda meningkatkan kemampuan diri sehingga bisa terus berkarya setelah tidak lagi bekerja di kantor atau di perusahaan. Hal ini penting saat masa pensiun tiba tapi dana atau tabungan pensiun belum ada atau belum bisa dicairkan. Di jalur ini, wirausaha adalah pilihan yang bisa memastikan Anda tetap memiliki penghasilan tanpa bergantung pada orang lain, khususnya pada anak-anak.

Melakukan usaha kecil-kecilan untuk mengisi masa pensiun juga perlu dibarengi dengan manajerial skill. Tanpa kemampuan mengatur apa yang Anda miliki dan bagaimana usaha berjalan, mungkin akan sulit untuk mendapatkan hasil seperti yang Anda dambakan. Cara untuk meningkatkan kemampuan diri ini bisa didapat dari mengikuti kelas-kelas singkat atau kursus, belajar secara online, atau lainnya.


Rencanakan Keuangan dan Investasi dengan HSBC

Demi mendapatkan finansial yang sehat di masa pensiun, apa yang telah Anda pelajari di atas perlu dituangkan dalam bentuk strategi yang baik dan benar. Persiapan adalah kuncinya. Oleh sebab itu, Anda bisa merencanakan keuangan Anda dengan matang mulai sekarang untuk menggapai crazy rich retirement yang sesuai impian. Untuk itu, Anda bisa mengejarnya melalui berbagai produk investasi dan asuransi yang disediakan oleh HSBC.

HSBC memiliki beragam instrumen investasi seperti reksa dana, obligasi, structured products, hingga investment links. Lewat reksa dana di HSBC, Anda akan mendapatkan keuntungan berupa dukungan penuh manajer investasi profesional, dana investasi awal yang rendah, serta likuiditas yang tinggi. Lewat obligasi, Anda mendapatkan return yang jauh lebih tinggi dari deposito pada jangka waktu yang sama. Melalui instrumen manapun, HSBC akan memberikan yang terbaik bagi Anda.

Mempersiapkan masa pensiun melalui produk-produk asuransi pun tak kalah baiknya. Beberapa produk asuransi terbaik dari HSBC untuk masa pensiun Anda adalah yang menggabungkan asuransi dan investasi seperti Care Invest Plus dan Optima Care Invest. Memilih Care Invest Plus memberikan Anda asuransi jiwa unit linked sebagai solusi mudah untuk investasi sekaligus perlindungan diri saat Anda telah pensiun. Selain itu, Optima Care Invest pun tak kalah menariknya. Lewat produk tersebut, Anda memiliki peluang untuk melakukan investasi jangka menengah dan panjang di pasar modal Indonesia dan Asia Pasifik dengan potensi profit yang tinggi. Di saat yang sama, produk ini memberikan perlindungan asuransi yang optimal bagi Anda jika terjadi risiko pribadi yang tak diinginkan dan tak terduga.

Dua dari tiga orang Indonesia yang saat ini bekerja, mengharapkan masa pensiun yang nyaman. Tapi hanya satu dari tiga orang tersebut yang telah memulai untuk mempersiapkan dana pensiun mereka. Lantas, ingin menjadi bagian yang manakah Anda saat ini? Apakah Anda termasuk ke dalam golongan yang menginginkan masa pensiun nyaman, namun tak segera bertindak dan berakhir dengan harapan yang kandas? Ataukah Anda termasuk dalam golongan mereka-mereka yang mau ambil tindakan untuk segera mempersiapkan tabungan pensiun yang mumpuni demi meraih impian masa pensiun tanpa membebani siapapun?

Mari segera bulatkan hati untuk mengambil keputusan sekarang juga. Segera hubungi Relationship Manager HSBC terdekat untuk merancang masa depan sesuai yang Anda inginkan. Bahkan tak hanya produk-produk untuk masa pensiun seperti di atas, masih banyak lagi pilihan-pilihan produk yang bisa disesuaikan untuk kebutuhan Anda. Pula, tak perlu Anda khawatir sebab HSBC telah didukung oleh jaringan global yang kuat dengan partner-partner terpercaya di berbagai negara, serta memiliki pakar-pakar kelas dunia yang akan bekerja untuk keuntungan maksimal Anda.

Jadi, apalagi yang Anda tunggu? Segera apply sekarang juga ya!


References:

  • www.about.hsbc.co.id/-/media/indonesia/en/news-and-media/190212-crazy-rich-retiree-eng.pdf
  • www.bareksa.com/id/text/2019/02/12/ingin-sehat-finansial-saat-pensiun-yuk-simak-strateginya/21583/news?source=kurio
  • www.cnnindonesia.com/ekonomi/20190223070057-83-371989/cermat-investasi-demi-jadi-crazy-rich-saat-pensiun
  • www.hsbc.co.id/1/2/id/personal/wealth-management/retirement-planning