Manfaat Bertransaksi Bisnis dengan Business Internet Banking

Business Internet Banking

Manfaat Bertransaksi Bisnis dengan Business Internet Banking



Ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh dari rekening tabungan bisnis. Selain memberi banyak kemudahan, kredibilitas bisnis juga turut terangkat.

Manajemen keuangan menjadi salah satu kunci sukses dalam menjalankan sebuah bisnis. Melalui manajemen keuangan yang baik, bisnis tidak akan kekurangan tenaga penggerak bahkan terus berkembang. Untuk alasan ini jugalah, penting bagi para pelaku bisnis untuk membuka akun tabungan bisnis.

Pentingnya akun tabungan bisnis telah lama disadari oleh para pelaku bisnis besar. Meski demikian, tidak sedikit pelaku bisnis skala kecil menengah yang masih belum bisa melihat keuntungan yang bisa mereka dapatkan dari jenis tabungan ini. Namun sebelum berbicara lebih jauh seputar tabungan bisnis, apa sebenarnya tabungan bisnis ini?


Apa Itu Tabungan Bisnis

Jika dilihat secara sepintas, mungkin banyak yang menilai bahwa tidak ada yang spesial dari jenis tabungan ini. Secara fungsionalitas, tabungan bisnis tidak berbeda jauh dengan tabungan personal.

Menyimpan dan mengirim uang adalah dua fungsi utama yang ditawarkannya. Namun sebagai sebuah tabungan yang didesain untuk memenuhi kebutuhan para pelaku usaha, tabungan bisnis menawarkan lebih dari apa yang terlihat di permukaan.

Tabungan bisnis sendiri merupakan sebuah tabungan yang dibuat khusus untuk memenuhi tujuan bisnis. Memudahkan pelaku usaha dalam mengelola keuangan bisnis adalah inti dari tabungan ini. Untuk itulah, tabungan bisnis juga dilengkapi dengan semua fitur yang dibutuhkan dalam memenuhi tujuan tersebut. Dengan tabungan ini, pelaku usaha bisa melakukan transaksi bisnis secara aman dan nyaman.


Perbedaan Tabungan Bisnis dengan Tabungan Personal

Tabungan bisnis tidak hanya hadir sebagai gimmick. Meski secara fungsionalitas tidak ada perbedaan antara tabungan bisnis dengan tabungan personal, ada beberapa hal yang membedakan keduanya.

1. Nama Akun

Saat transfer ke rekening perusahaan, Anda tentu pernah melihat jika nama rekening tujuan tertulis sesuai dengan nama perusahaan tersebut. Ini berbeda saat transfer ke rekening personal. Di rekening personal, nama pemilik adalah nama dari rekening itu sendiri.

Inilah salah satu perbedaan yang paling mudah dilihat dari tabungan bisnis. Berbeda dengan akun tabungan personal yang menggunakan nama pemilik, tabungan bisnis bisa dibuat dengan menggunakan nama perusahaan.

2. Fitur Tambahan

Jika berbicara mengenai fitur, tabungan bisnis memiliki fitur yang lebih lengkap. Kebutuhan yang berbeda antara tabungan personal dengan tabungan bisnis menjadi salah satu alasannya.

Misalnya, seperti pada HSBC Business Internet Banking. Dalam satu tabungan bisnis HSBC, pelaku usaha bisa menambahkan beberapa pengguna dengan batasan akses yang berbeda-beda.

Setiap transaksi dalam tabungan bisnis juga dilengkapi dengan deskripsi yang lebih lengkap. Pengaturan keamanan tingkat lanjut untuk beberapa jenis transaksi juga bisa dilakukan. Misalnya saja dengan sistem dual signature. Dengan demikian, transaksi besar hanya akan dieksekusi jika sudah mendapatkan persetujuan dari semua pihak yang berwenang dalam perusahaan.

3. Biaya

Ada beberapa perbedaan biaya transaksi antara tabungan bisnis dengan tabungan personal. Biaya transaksi ini biasanya lebih tinggi pada tabungan bisnis. Akan tetapi, beberapa bank memiliki kebijakan khusus. Berkat kebijakan tersebut, baik pelaku bisnis kecil maupun perusahaan bisa mendapatkan keringanan biaya.

Pada HSBC Business Internet Banking, setiap nasabah dengan minimal saldo Rp 50 juta dibebaskan dari biaya online realtime transfer sebanyak 30x transaksi setiap bulannya. Selain itu, nasabah tabungan bisnis HSBC juga tidak dikenai biaya transfer lokal.


Manfaat Bertransaksi dengan Tabungan Bisnis

Kehadiran tabungan bisnis, seperti HSBC Business Internet Banking, membawa solusi praktis dalam manajemen keuangan bisnis, khususnya dalam bertransaksi. Beragam fitur yang ditawarkan menjawab kebutuhan setiap pelaku usaha. Manfaat yang ditawarkan juga tidak sedikit.

1. Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Tabungan bisnis menggunakan nama perusahaan sebagai nama rekening. Dalam bisnis, hal ini memberi banyak keuntungan. Salah satu keuntungan terbesar yang didapat adalah kepercayaan.

Baik konsumen maupun rekan bisnis, mereka umumnya akan merasa lebih yakin saat mengetahui bahwa nama rekening yang mereka tuju sesuai dengan nama perusahaan. Kredibilitas bisnis menjadi terangkat.

Manfaat seperti ini akan jauh lebih terasa pada bisnis online. Meski antara konsumen dengan pelaku usaha tidak saling bertatap muka, tidak ada kekhawatiran yang dirasakan. Risiko batalnya transaksi yang dipicu oleh kepercayaan yang masih tipis juga bisa dihindari.

2. Memudahkan Pelaku Usaha dalam Memantau Keuangan Bisnis

Rekening bisnis harus terpisah dari rekening pribadi. Ini adalah salah satu prinsip dasar dalam mengelola keuangan bisnis. Selama tidak ada pemisahan seperti ini, pelaku bisnis akan kesulitan dalam mengidentifikasi kekayaan pribadi dengan kekayaan bisnis.

Kekayaan yang tercampur bisa menjadi bencana di kemudian hari. Risiko menggunakan uang perusahaan untuk keperluan pribadi menjadi lebih besar. Bisnis pun jadi sulit berkembang.

Memisahkan antara rekening tabungan pribadi dengan rekening tabungan bisnis memungkinkan pelaku usaha untuk memisahkan kekayaan. Pemasukan bisnis bisa difokuskan agar masuk ke rekening bisnis. Begitu juga dengan transaksi pembelian bisnis. Dengan HSBC Business Internet Banking, keluar masuknya uang perusahaan jadi lebih mudah dipantau.

3. Memudahkan Perhitungan dan Pembayaran Pajak

Menggunakan tabungan personal untuk berbisnis memang terdengar lebih praktis. Pelaku bisnis tidak perlu membuka rekening baru dan bisa langsung menjalankan bisnisnya. Namun keuntungan tersebut hanya bersifat sesaat. Jika bisnis sudah berkembang, menggunakan tabungan personal untuk bisnis justru akan memberi banyak kesulitan.

Saat bisnis berkembang dan menjadi cukup besar, ada pajak yang menjadi tanggung jawabnya. Misalnya saja seperti pajak pertambahan nilai atau PPn. Jika masih menggunakan rekening tabungan personal, perhitungan pajaknya akan terasa lebih rumit.

Dengan membuka tabungan bisnis, hal seperti ini bisa dihindari. Kekayaan perusahaan jadi lebih mudah diidentifikasi dan dihitung. Hasilnya, perhitungan pajak pun jadi lebih mudah.

4. Memudahkan Proses Pengalihan Aset Jika Bisnis Dijual

Sama seperti logam mulia dan properti, bisnis merupakan aset yang bisa dijual di kemudian hari. Saat sebuah bisnis dijual, semua aset yang ada di dalamnya biasanya juga diambil alih oleh pemilik baru. Ini juga berlaku pada rekening tabungan bisnis.

Dalam bisnis, rekening tabungan bisnis merupakan bagian dari aset perusahaan. Itulah kenapa kepemilikannya juga akan berpindah tangan saat bisnis dijual. Tapi, bayangkan jika perusahaan tersebut tidak memiliki rekening tabungan khusus dan masih bercampur dengan rekening pribadi. Bisa dipastikan, hal ini akan menimbulkan kesulitan bagi pemilik bisnis itu sendiri.

Jika perusahaan memiliki rekening tabungan bisnis sendiri, mengalihkannya kepada pemilik baru akan jauh lebih mudah. Pelaku bisnis juga tidak perlu lagi memisahkan mana yang merupakan kekayaan pribadi dan mana kekayaan bisnis.

5. Keamanan Transaksi Bisnis lebih Terjamin

Untuk memastikan bahwa tidak ada transaksi gelap yang dilakukan, perusahaan besar menerapkan sistem pengamanan berlapis. Sebuah transaksi besar dan penting tidak bisa dilakukan hanya dengan satu tanda tangan saja. Dibutuhkan beberapa tanda tangan agar transaksi tersebut bisa dieksekusi.

Tabungan bisnis juga dilengkapi dengan fitur seperti ini. Meski dalam satu rekening ada beberapa pengguna yang bisa mengakses, transaksi hanya bisa dilakukan jika sudah mendapatkan persetujuan dari beberapa pemangku kepentingan. Dengan cara ini jugalah, transaksi melalui rekening bisnis bisa berjalan aman.


Tips Memilih Bank untuk Membuka Tabungan Bisnis

Melihat manfaat yang ditawarkan tabungan bisnis, tentu akan sangat disayangkan jika tidak mengambil kesempatan tersebut. Kesempatan untuk mengembangkan bisnis melalui manajemen keuangan yang lebih baik bisa saja terbuang sia-sia jika tidak mengambil tindakan sama sekali. Meski demikian, tidak sedikit pelaku bisnis yang masih dilanda kebingungan. Bagaimana cara memilih bank yang tepat untuk membuka rekening tabungan bisnis?

1. Pahami Kebutuhan

Jangan mulai mengambil langkah sebelum memahami apa yang dibutuhkan sebenarnya. Sebelum mulai mengumpulkan informasi dan membandingkan bank-bank yang menyediakan layanan tabungan bisnis, ada baiknya pelaku bisnis memahami hal tersebut.

Setiap bisnis memiliki kondisi yang berbeda. Bahkan meski skala bisnisnya sama, kebutuhannya tidak sepenuhnya sama.

Untuk memahami kebutuhan, pelaku bisnis bisa mulai dengan memperhitungkan kekayaan bisnis, jumlah transaksi yang sedang dan akan dilakukan setiap bulannya serta arah pengembangan bisnis ke depannya.

Berangkat dari sini, pelaku bisnis bisa menyimpulkan berapa jumlah minimal saldo yang bisa ditanggung dan memperkirakan biaya administrasinya. Skala bisnis juga harus menjadi bahan pertimbangan. Dengan menjadikan informasi ini sebagai bekal, pelaku bisnis bisa menemukan bank yang tepat lebih cepat.

2. Survei dan Bandingkan Kandidat Bank yang Tersedia

Dari informasi yang telah berhasil dihimpun sebelumnya, pelaku bisnis bisa menjadikannya sebagai landasan dalam menemukan bank mana saja yang memenuhi kriteria.

Ketahui apa saja layanan dan fitur yang ditawarkan oleh masing-masing bank. Dalam hal ini, sebaiknya pelaku bisnis juga mempertimbangkan bank yang sudah menawarkan layanan internet banking. Misalnya saja seperti HSBC Business Internet Banking. Dengan internet banking, transaksi bisa dilakukan dengan lebih mudah.

3. Layanan Pelanggan

Customer service atau layanan pelanggan juga harus menjadi bahan pertimbangan sebelum membuka rekening tabungan bisnis. Pertimbangan ini bisa dimulai dari hal-hal yang paling mendasar seperti jam operasional.

Jangan pernah lupa. Masalah bisa muncul sewaktu-waktu. Karena itulah, pastikan bahwa bank yang hendak dipilih memiliki layanan customer service yang siap selama 24 jam.

Jika sudah menemukan kandidat terbaik, jangan lupa untuk melakukan evaluasi ulang. Periksa kembali apakah bank tersebut benar-benar sudah memenuhi kriteria yang diinginkan. Evaluasi ini pun sebaiknya tetap dilakukan secara berkala meski pelaku usaha sudah membuka akun di salah satu bank.

Kemudahan Bertransaksi dengan HSBC Business Internet Banking

Bagi Anda yang sedang mencari bank yang tepat untuk membuka rekening tabungan bisnis, ada baiknya untuk mempertimbangkan arah perkembangan bisnis nantinya. Jika ada rencana untuk menjangkau pasar di luar negeri, tentu akan lebih baik jika membuka rekening tabungan bisnis di bank yang memiliki jangkauan luas seperti HSBC.

HSBC Business Internet Banking juga telah dilengkapi dengan berbagai layanan yang dibutuhkan oleh para pelaku usaha. Bahkan Anda juga bisa mendapatkan beberapa kemudahan dan keamanan dengan berbagai insentif yang menguntungkan.

Untuk nasabah yang memiliki saldo minimal Rp 50 juta, HSBC Business Internet Banking menawarkan layanan online realtime transfer gratis sebanyak 30x setiap bulannya. Tidak ada biaya transfer lokal dan tidak ada biaya untuk penggunaan layanan Autopay. Selain itu, HSBC Business Internet Banking juga menawarkan gratis 3 token pertama saat bertransaksi hingga penempatan deposito dengan rate yang kompetitif.

References:

  • thebalancesmb.com/do-you-need-a-business-bank-account-2948587
  • hsbc.co.id/1/2/id/personal/retail-business/business-internet-banking