Anda Memiliki UKM? Ini 5 Alasan Anda Perlu Tabungan Bisnis!

Retail Business Banking

Anda Memiliki UKM? Ini 5 Alasan Anda Perlu Tabungan Bisnis!



Menjalankan UKM dengan profesional memerlukan manajemen keuangan yang baik. Membuat tabungan atau rekening bisnis menjadi salah satu langkah awalnya.

Memiliki tabungan bisnis merupakan salah satu cara mengelola keuangan dengan baik bagi Anda yang memiliki UKM (Usaha Kecil dan Menengah). Cara ini dapat membuat pengelolaan keuangan bisnis Anda lebih terukur. Nah, setidaknya ada 5 manfaat yang bisa Anda peroleh dengan memisahkan tabungan bisnis dari tabungan pribadi.


1. Mengontrol Keuangan Bisnis

Modal menjadi kebutuhan utama yang harus Anda miliki sebelum memutuskan untuk merintis usaha. Modal itu hanya boleh digunakan untuk kegiatan usaha, mulai dari produksi, pemasaran, menyewa tempat, hingga menggaji karyawan. Dengan membuat tabungan bisnis, Anda bisa melihat pemasukan maupun pengeluaran bisnis Anda dengan lebih rinci. Sehingga Anda bisa mengukur dan mengontrol prioritas pengeluaran untuk mengembangkan UKM Anda.

2. Melindungi Aset Pribadi

Kesalahan yang perlu dihindari bagi pebisnis segment UKM adalah mencampurkan aset pribadi dengan aset perusahaan. Keduanya harus memiliki batas yang tegas agar jika suatu kali bisnis Anda mengalami kerugian atau gugatan, maka aset pribadi Anda tetap aman, untuk itu Anda bisa memanfaatkan rekening bisnis atau giro dan yang mempunyai layanan integrasi antara tabungan pribadi dan tabungan usaha, seperti Rekening Giro dari HSBC Retail Business Banking.

Dengan layanan Integrated Total Relationship Balance (ITRB) ini, pemilik UKM akan mendapat tiga keuntungan sekaligus. Pertama, keuntungan bebas biaya transfer tanpa kuota melalui HSBC Business Internet Banking (BIB). Kedua, Anda akan mendapat tarif khusus untuk RTGS dan Telegraphic Transfer. Ketiga, bunga yang kompetitif untuk rekening bisnis Anda.


3. Kredibilitas Bisnis

Memiliki rekening bisnis akan menjadikan usaha Anda dipandang lebih profesional di mata konsumen dan mitra. Hal tersebut lantaran nama yang tercantum dalam rekening itu bukan nama pribadi, melainkan nama perusahaan atau usaha Anda. Meski demikian Anda tak perlu khawatir karena sebenarnya Anda yang tetap kendali atas rekening bisnis tersebut.


4. Manfaat Khusus Saat Ingin Mengajukan Pinjaman Bisnis

Tabungan bisnis dapat memudahkan penyusunan laporan keuangan UKM Anda, misalnya soal pemasukan maupun pengeluaran. Hal ini dapat membuat pihak bank atau pemberi pinjaman lebih mudah menganalisis bisnis Anda, sehingga peluang mendapat pinjaman usaha menjadi terbuka lebih lebar.


5. Kemudahan Mengatur Aset Bisnis Seperti Tabungan, Giro, atau Deposito

Keuntungan terakhir yang bisa Anda petik dari tabungan bisnis adalah kemudahan memperhitungkan arah pengembangan bisnis secara tepat ketika Anda akan melakukan ekspansi untuk meningkatkan omzet bisnis.

Dengan beragamnya keuntungan tabungan bisnis bagi para pemilik UKM, kini Anda tidak perlu ragu lagi untuk membuat rekening bisnis agar Anda lebih mudah mengatur keuangan dan usaha Anda semakin berkembang.

References:

  • freshbooks.com/blog/why-you-need-a-business-bank-account
  • thisismoney.co.uk/money/article-2062889/Business-banking-Choosing-bank-account-look-switch.html
  • hsbc.co.id/1/2/id/personal/retail-business/rekening-smart-business#offer1
  • economy.okezone.com/amp/2016/02/15/320/1312534/lima-alasan-keuangan-pribadi-dan-usaha-wajib-dipisahkan