[Strategi Jitu Menyiapkan Dana Pendidikan Anak]

Children's Education Planning

Strategi Jitu Menyiapkan Dana Pendidikan Anak




Setiap tahunnya biaya pendidikan terus naik. Agar anak bisa mendapatkan pendidikan terbaik, penting bagi setiap orang tua untuk mempersiapkan dana pendidikan.

Biaya pendidikan cenderung mengalami peningkatan setiap tahunnya, terlebih untuk sekolah yang dinilai cukup elit. Begitu juga dengan biaya pendidikan di tingkat perguruan tinggi. Jika ingin kuliah di universitas terkenal, biaya yang harus dikeluarkan dipastikan juga cukup besar. Atas dasar itulah, orang tua harus mempersiapkan tabungan pendidikan anak sejak dini.

Saat ini ada beberapa produk keuangan yang bisa digunakan untuk mempersiapkan dana pendidikan anak. Mulai dari tabungan konvensional, tabungan pendidikan hingga asuransi pendidikan, Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Namun agar tidak salah langkah, Anda juga harus tahu bagaimana strategi mempersiapkan dana tersebut.


1. Menentukan Sekolah Anak

Di mana Anda akan menyekolahkan anak Anda nanti? Apakah di sekolah negeri atau di sekolah swasta? Jika ingin menyekolahkan sang buah hati di sekolah swasta, biaya pendidikan yang harus dipersiapkan tentu akan lebih besar. Biaya ini bahkan bisa jauh lebih besar jika sekolah swasta tersebut memang terkenal memiliki fasilitas lengkap dengan tenaga pendidik berkualitas internasional.

Anda tetap perlu mempersiapkan biaya-biaya pendidikan yang akan dibutuhkan nanti. Misalnya saja seperti biaya les, buku dan beberapa fasilitas pendidikan lain yang memang perlu dibeli sendiri. Jadi jangan heran jika dana yang dibutuhkan untuk mendapatkan semua fasilitas tersebut justru bisa lebih tinggi dibandingkan biaya sekolah itu sendiri.


2. Riset dan Kalkulasi Kebutuhan Biaya

Setelah menentukan sekolah anak, selanjutnya Anda juga perlu mencari informasi lebih banyak mengenai kebutuhan biayanya nanti. Anda bisa memulainya dengan mencari tahu berapa biaya masuknya, biaya bulanan dan biaya-biaya lain untuk menyokong kegiatan-kegiatan di sekolah nanti.

Dari informasi tersebut, Anda bisa mengalkulasi kebutuhan biayanya. Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan kenaikan biaya pendidikan di masa depan. Karena harus disadari, biaya pendidikan setiap tahunnya terus mengalami peningkatan. Hasil dari riset dan kalkulasi ini nantinya bisa Anda gunakan untuk membantu merancang tabungan anak.


3. Buat Daftar Estimasi Kebutuhan Biaya Lain

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, biaya pendidikan tidak terbatas pada biaya masuk sekolah dan iuran bulanan. Ada biaya-biaya lain di luar kegiatan sekolah. Misalnya saja seperti biaya beli buku pelajaran tambahan dan biaya les.

Anda juga perlu memikirkan biaya-biaya yang dibutuhkan untuk mengasah bakat sang anak nanti. Misalnya saja jika anak Anda memiliki bakat dalam bidang musik, tentu Anda perlu memberinya instrumen musik untuk berlatih. Meski belum bisa menentukannya secara spesifik, setidaknya Anda perlu mempersiapkan anggarannya dan memasukkannya ke dalam rencana pendidikan anak.


4. Tabungan Pendidikan Anak vs Asuransi Pendidikan

Saat berbicara tentang persiapan dana pendidikan, setidaknya ada dua produk yang bisa dijadikan pilihan. Keduanya adalah tabungan pendidikan anak dan asuransi pendidikan.

Sama seperti tabungan pada umumnya, tabungan pendidikan anak pada dasarnya adalah sebuah wadah untuk menyimpan uang. Hal yang membedakan tabungan pendidikan dengan tabungan biasa adalah adanya asuransi jiwa di dalamnya. Selain itu, tabungan pendidikan ini juga cocok untuk tujuan jangka pendek atau antara 2 hingga 5 tahun.

Di sisi lain, asuransi pendidikan pada dasarnya adalah investasi yang nilainya bisa naik dan turun sesuai dengan produk investasi yang ada dalam portofolio asuransi pendidikan tersebut. Karena itu, asuransi pendidikan ini lebih cocok untuk tabungan pendidikan jangka panjang atau lebih dari 10 tahun.

Rencanakan Pendidikan Anak bersama HSBC

Untuk merencanakan dana pendidikan anak, Anda bisa mempertimbangkan tabungan pendidikan atau asuransi pendidikan. Keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, setiap perencanaan membutuhkan dukungan terbaik agar Anda tak salah langkah. HSBC hadir dengan memberikan dukungan berupa riset tentang perencanaan pendidikan anak Anda serta melakukan perencanaan keuangan dan memberikan rekomendasi investasi yang Anda butuhkan. Kami akan membantu menyusun portofolio sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mempersiapkan pendidikan anak. Dengan perencanaan finansial yang mapan, Anda tak perlu khawatir saat mempersiapkan biaya pendidikan. Rencanakan pendidikan anak bersama HSBC!

References:

  • bankrate.com/banking/savings/how-to-save-for-childs-future/
  • moneymax.ph/personal-finance/articles/building-tuition-fund-guide/
  • cermati.com/artikel/6-strategi-menyimpan-uang-untuk-pendidikan-anak
  • finansialku.com/cara-cerdas-menyiapkan-dana-pendidikan/
  • finansialku.com/6-kesalahan-saat-merencanakan-dana-pendidikan-anak/
  • hsbc.co.id/1/2/mobile-id/personal/wem/childrens_education_planning/bagaimana_cara_merencanakan_pendidikan_anak