[Kartu Debit vs Kartu Kredit, Mana yang Jadi Pilihan Anda?]

Credit Cards

Kartu Debit vs Kartu Kredit, Mana yang Jadi Pilihan Anda?




Kartu debit dan kartu kredit punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Cek ulasan berikut untuk tahu yang paling cocok.

Penggunaan kartu debit (debit card) dan kartu kredit (credit card) untuk melakukan transaksi perbelanjaan sudah lumrah digunakan dewasa ini. Ada sebagian orang yang lebih suka menggunakan kartu debit untuk berbelanja, sementara lainnya memilih kartu kredit karena adanya promo. Lantas yang manakah yang lebih menguntungkan? Apa sih sebenarnya perbedaan kartu kredit dan debit? Apa pula pilihan Anda? Yuk, singkapkan semuanya di sini!


Mekanisme Penggunaan Kartu Debit dan Kartu Kredit

Sebelum berbicara mengenai kelebihan dan kekurangan maupun kelebihan kartu debit dan kartu kredit, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu bagaimana mekanisme penggunaan kedua kartu tersebut. Pada penggunaan kartu debit, mekanisme umum adalah digesek pada mesin EDC, lalu saldo yang terdapat di bank akan dipotong secara otomatis. Untuk keamanan penggunaan, biasanya bank meminta nasabah untuk memasukkan pin ke mesin EDC saat melakukan transaksi.

Pada penggunaan kartu kredit, mekanismenya berbeda dengan kartu debit. Saat melakukan transaksi, kartu kredit tidak memotong saldo Anda, melainkan pihak bank mencatatnya sebagai hutang. Hutang inilah yang kemudian wajib Anda bayarkan setiap bulannya.


Kelebihan dan Kekurangan Kartu Debit

Kartu debit memiliki kelebihan-kelebihan dan kekurangannya sendiri. Berdasarkan sifat dan mekanismenya, berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan yang muncul karena penggunaan kartu debit.

Kelebihan kartu debit:

1. Kartu debit sangat praktis dan umum digunakan di hampir semua supermarket, merchant, bahkan lumayan banyak toko kecil atau cafe tempat ngopi di pinggir jalan sudah menggunakannya.

2. Karena menggunakan saldo Anda sendiri, maka Anda tidak berhutang dan terbeban bunga. Pengeluaran Anda pun dibatasi oleh jumlah saldo yang Anda miliki.

3. Saat membutuhkan uang tunai, tarik tunai bisa dilakukan secara gratis di ATM. Bahkan di beberapa supermarket atau mini market pun Anda bisa melakukannya.

Kekurangan kartu debit:

1. Repot jika membutuhkan dana yang lebih besar dari saldo, sebab tidak bisa digunakan untuk berhutang pada bank.

2. Penggunaan kartu kredit minim promo dan rentan disalahgunakan jika hilang atau dicuri.


Kelebihan dan Kekurangan Kartu Kredit

Demikian pula dengan kartu kredit, kartu ini memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Ini dia beberapa kelebihan dan kekurangan saat menggunakan kartu kredit.

Kelebihan kartu kredit:

1. Bisa berbelanja dengan jumlah lebih besar dari saldo selama masih dalam limit kredit.

2. Tersedia berbagai macam promo dan diskon yang bisa memberi keuntungan pada nasabah saat bertransaksi.

3. Hutang dapat dibayar belakangan atau dicicil jika saldo akan digunakan untuk kebutuhan lain yang mendesak.

Kekurangan Kartu Kredit:

1. Ada bunga karena transaksi belanja dihitung sebagai hutang.

2. Ada batas waktu untuk menyelesaikan tunggakan dan bunganya.

3. Saat membutuhkan uang tunai dari ATM, ada biaya dengan bunga yang cukup tinggi.


Memanfaatkan Promo dan Rewards Kartu Kredit dengan Bijak

Berhutang tak selamanya buruk. Di masa-masa genting saat tak ada saldo di rekening Anda, kartu kredit bisa menolong untuk memenuhi kebutuhan. Selain itu, karena kartu kredit umumnya punya banyak promo dan rewards, Anda bisa memanfaatkannya dengan bijak. Salah satu kartu kredit dengan banyak promo serta rewards yang bisa Anda pilih adalah HSBC. Diskon dan harga khusus dapat Anda nikmati di berbagai merchant dengan memanfaatkan promo dan reward point dari kartu kredit HSBC. Berikut beberapa tips memanfaatkan promo kartu kredit:

1. Kunjungi website penerbit kartu kredit dan cari tahu di merchant mana saja promo atau potongan bisa didapat.

2. Kumpulkan poin kredit dengan cara membayar tagihan rutin dengan kartu kredit.

3. Tak perlu ragu gunakan program cicilan 0%, yang penting bandingkan dulu dengan harga tunainya agar tidak tertipu

Nah, Anda sudah tahu kan cara untuk memanfaatkan promo kartu kredit dengan bijak? Jadi tak perlu ragu menggunakan kartu kredit selama Anda disiplin dan mengontrol pengeluaran dengan baik.

References:

  • cermati.com/artikel/kartu-debit-vs-kartu-kredit-mana-pilihan-anda
  • uangindonesia.com/pengertian-perbedaan-atm-dan-kartu-debit-vs-kartu-kredit/
  • cermati.com/artikel/tips-pintar-menggunakan-kartu-kredit-agar-kamu-makin-untung
  • hsbc.co.id/1/2/id/personal/offers/kartu-kredit/rewards-point