[5 Langkah Pengajuan Kartu Kredit Agar Disetujui]

Credit Cards

5 Langkah Pengajuan Kartu Kredit Agar Disetujui




Pembuatan kartu kredit bisa sedikit tricky. Agar pengajuannya bisa diloloskan, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan.

Kartu kredit sudah menjadi bagian hidup bagi masyarakat urban. Kepraktisan dan kemudahannya membuat kartu kredit kerap dijadikan sebagai salah satu alternatif alat transaksi. Belanja online juga semakin mudah dengan kartu kredit. Meski demikian, pengajuan kartu kredit terkadang bisa cukup pelik.

Cara Membuat Kartu Kredit

1. Ketahui Batas Usia Pengajuan Kartu Kredit

Perlu dicatat, usia perlu diperhatikan sebelum mengajukan pembuatan kartu kredit. Di HSBC, syarat usia untuk kartu utama adalah 21-60 tahun. Sedangkan syarat usia untuk kartu tambahan minimum 17 tahun. Pastikan bahwa usia Anda sudah memenuhi syarat sebelum mengajukan kartu kredit.

2. Ketahui Syarat Minimum Penghasilan Bulanan

Ada syarat pendapatan minimum yang disesuaikan dengan jenis kartu kredit yang ingin diajukan. Untuk kartu kredit HSBC jenis Signature, pendapatan minimum per bulannya adalah Rp 20 juta. Sedangkan untuk kartu kredit jenis Platinum, pendapatan minimum per bulannya adalah Rp 15 juta.

Kartu kredit jenis Platinum Cashback dan Gold memiliki syarat pendapatan minimum bulanan yang sama, yakni Rp 5 juta untuk wilayah Jabodetabek. Sedangkan untuk luar Jabodetabek, syarat pendapatan minimumnya adalah Rp 4 juta.

3. Mempersiapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Prosedur pengajuan kartu kredit terus dipermudah. Persyaratan yang diberikan semakin disederhanakan begitu juga dengan langkah pengajuannya. Namun untuk memperlancar proses pengajuan kartu kredit, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Syarat membuat kartu kredit sebenarnya tidak banyak. Setiap bank biasanya memiliki persyaratannya masing-masing. Di HSBC, Anda hanya butuh 3 dokumen untuk mengajukan kartu kredit. Ketiga dokumen tersebut meliputi fotokopi KTP, fotokopi bukti penghasilan dan fotokopi NPWP.

Warga Negara Asing (WNA) juga bisa mengajukan pembuatan kartu kredit dengan persyaratan yang serupa. Selain harus menyerahkan fotokopi bukti penghasilan dan fotokopi NPWP, Anda juga perlu menyertakan fotokopi paspor dan KIMS/KITAS sebagai ganti dari fotokopi KTP.

4. Mulai Mengajukan Pembuatan Kartu Kredit

Cara membuat kartu kredit sebenarnya ada beberapa cara. Cara yang paling mendasar adalah dengan datang langsung ke bank tempat Anda akan mengajukan pembuatan kartu kredit. Tapi perlu dicatat, tidak semua kantor cabang melayani pengajuan kartu kredit. Biasanya hanya bank pusat yang ada di tiap daerah saja yang menerimanya.

Setelah mengutarakan maksud pengajuan kartu kredit kepada customer service bank, selanjutnya Anda akan dibimbing untuk mengisi formulir yang diperlukan. Proses pengisiannya sendiri tidak memakan waktu lama. Setelah itu, Anda hanya tinggal menunggu bank merilis kartu kredit yang Anda minta.

5. Ajukan Pembuatan Kartu Kredit Sesuai Domisili

Saat hendak mengajukan pembuatan kartu kredit, ada satu hal yang perlu dicatat. Tidak semua bank menerima pengajuan kartu kredit pertama.

Jika ini adalah kali pertama Anda membuat kartu kredit, sebaiknya Anda membuka rekening di bank tersebut terlebih dahulu. Pastikan untuk mengajukan pembuatan kartu kredit sesuai alamat domisili. Jadi untuk pengajuan kartu kredit di bank HSBC, usahakan untuk membuka rekening di bank HSBC terlebih dahulu.

Pengajuan Kartu Kredit Online Lebih Mudah di HSBC

Jika Anda mencari pengajuan kartu kredit termudah, HSBC juga menyediakan pengajuan kartu kredit secara online . Anda hanya perlu mengunjungi website resmi HSBC, log in menggunakan akun yang Anda miliki kemudian masuk ke halaman apply kartu kredit. Setelah itu akan muncul formulir pengajuan kartu kredit. Isi semua kolom yang tersedia setelah itu klik tombol submit.





Cara buat kartu kredit secara online juga bisa dilakukan melalui situs pihak ketiga. Namun jika ingin melakukannya, pastikan situs pihak ketiga tersebut memang sudah terbukti bisa dipercaya.

References:

  • finansialku.com/cara-membuat-kartu-kredit-pertama/
  • cermati.com/artikel/cara-membuat-kartu-kredit-pertama-apa-yang-mesti-diperhatikan
  • hsbc.co.id/1/2/en/personal/credit-cards/syarat-dan-ketentuan-pengajuan-kartu-kredit-hsbc