Pendaftaran E-Statement
Efektif 22 April 2024 Biaya Cetak Lembar Tagihan disesuaikan menjadi Rp30.000/bulan dan Biaya Permintaan Salinan Tagihan tetap sebesar Rp30.000/salinan
Agar bebas biaya cetak tagihan, segera daftar E-Statement melalui:
- Online registration di www.hsbc.co.id/e-statement atau
- HSBC Indonesia Mobile Banking: Anda dapat mengakses E-Statement Anda dengan memilih menu kartu kredit Anda dan 'View statements'
-
SMS dengan format: estatement(spasi)email address#6 digit terakhir Kartu Kredit HSBC, kirim ke:
- 84722 (XL, Telkomsel, dan Indosat)
- 08818884722
Terima kasih atas kesediaan Anda turut serta berperan dalam menyelamatkan lingkungan.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai E-Statement, silahkan merujuk pada FAQ.
Pertanyaan yang sering diajukan
E-Statement adalah layanan HSBC yang menyediakan versi elektronik dari tagihan bulanan kartu kredit Anda yang dapat diakses di HSBC Indonesia Mobile Banking atau dikirimkan ke alamat email yang didaftarkan oleh Anda.
|
2. Apa saja keuntungan HSBC Credit Card E-Statement?
- Cepat Terkirim
Anda dapat mengakses segera tagihan Anda dimanapun dan kapanpun melalui email pribadi. Tidak perlu lagi menunggu pengiriman lewat pos!
- Akses Mudah
Anda dapat mengunduh dan mengakses tagihan lewat email kapanpun dari alat elektronik Anda atau melalui HSBC Indonesia Mobile Banking hingga 12 bulan ke belakang.
- Aman
Informasi tagihan yang dikirimkan lewat email telah dilindungi dengan password yang terenkripsi. Tagihan akan dikirimkan langsung ke alamat email yang telah Anda daftarkan.
- Hemat kertas
Dukung kampanye ramah lingkungan di Indonesia!
|
3. Berapakah biaya layanan E-Statement ini?
Layanan E-Statement ini akan diberikan kepada Anda secara gratis.
|
4. Bagaimana cara mendaftarkan layanan E-Statement?
- Online registration di www.hsbc.co.id/e-statement atau
- Download HSBC Indonesia Mobile Banking di https://grp.hsbc/mbapps, lalu logon ke Mobile App. Pilih kartu kredit Anda dan klik 'View statements' untuk mengakses E-Statement Anda
- SMS dengan format: estatement(spasi)email address#6 digit terakhir Kartu Kredit HSBC Anda, kirim ke 84722 untuk pelanggan XL, Telkomsel, dan Indosat atau ke 08818884722 untuk operator lainnya atau
- Contact Center HSBC.
|
5. Apa perbedaan pengiriman E-Statement melalui HSBC Indonesia Mobile Banking dan Push Email?
- Mobile Banking E-Statement adalah E-Statement kartu kredit yang dapat Anda akses melalui HSBC Indonesia Mobile Banking apabila Anda sudah memiliki fasilitas Mobile Banking. Anda dapat download HSBC Indonesia Mobile Banking di https://grp.hsbc/mbapps dan logon ke aplikasi untuk melihat E-Statement Anda
- Push Email E-Statement adalah E-Statement kartu kredit yang dikirimkan langsung ke alamat email pribadi yang didaftarkan oleh Anda. Push Email E-Statement berisi lampiran E-Statement tagihan kartu kredit Anda.
Apabila Anda sudah memiliki fasilitas Mobile Banking, E-Statement kartu kredit Anda akan tersedia di aplikasi HSBC Indonesia Mobile Banking dan juga dikirimkan ke alamat email pribadi Anda (Push Email). Sedangkan, jika Anda belum memiliki fasilitas Mobile Banking, Anda hanya akan menerima Push Email yang berisi lampiran E-Statement tagihan kartu kredit Anda.
|
6. Bagaimana bentuk E-Statement yang Saya terima di Email Saya?
Anda akan menerima Email E-Statement yang disertai dengan lampiran pdf file. Pengirim dari HSBC Indonesia dan Subject Email yaitu Electronic Statement HSBC <Tipe Kartu Kredit>. Berikut adalah contoh Email E-Statement yang akan Anda terima:
Apabila Anda telah memiliki fasilitas Internet Banking HSBC, Anda juga akan menerima Email Notifikasi Statement Ready dari Internet Banking. Email ini akan dikirimkan sebelum Email E-Statement. Pengirim Email Notifikasi Statement Ready dari HSBC Indonesia dan Subject Email yaitu HSBC Statement Ready Notification. Berikut adalah contoh Email Notifikasi Statement Ready yang dikirimkan ke Anda yang sudah memiliki fasilitas Internet Banking HSBC:
|
7. Apabila Saya telah terdaftar E-Statement, apakah Saya tetap dapat menerima tagihan bulanan kartu kredit dalam bentuk kertas melalui kurir?
Tidak, Anda hanya dapat terdaftar salah satu pilihan yaitu E-Statement atau Paper Statement. Anda tetap akan dikenakan biaya cetak tagihan bulanan apabila Anda memilih tagihan melalui kurir.
|
8. Apakah Saya dapat menggunakan alamat email kantor untuk pendaftaran E-Statement?
Kami sarankan agar Anda menggunakan alamat email pribadi seperti Gmail/Hotmail/Yahoo Mail/email provider umum lainnya untuk pendaftaran E-Statement agar Anda dapat menerima E-Statement dengan baik.
|
9. Saya telah terdaftar E-Statement namun mengapa saya tidak menerima E-Statement?
E-Statement akan dikirimkan ke alamat email yang didaftarkan oleh Anda namun Anda perlu:
- Memastikan alamat email pribadi yang Anda gunakan saat ini dalam keadaan valid atau aktif.
- Tersedia space untuk menerima email.
- Menggunakan aplikasi minimal Adobe 7 ke atas atau aplikasi lainnya yang setara dengan Adobe (misalnya Polaris Office) untuk membuka lampiran E-Statement. HSBC hanya dapat mengirimkan E-Statement dalam format pdf file.
- Untuk menghindari Email E-Statement diterima di luar Inbox (Spam), maka Anda disarankan untuk mendaftarkan domain email HSBC pada address book Anda, sehingga email dari HSBC dapat diterima dengan baik. Domain email HSBC (Sender) untuk didaftarkan adalah hsbc.co.id.
|
10. Bagaimana cara mendaftarkan domain email HSBC (Sender) agar email dari alamat HSBC masuk ke Inbox?
- Klik Options di kanan atas pilihan menu.
- Pilih Mail Options dari menu pilihan di sebelah kiri.
- Pilih Filters.
- Klik tombol Add.
- Pilih kolom Sender. Pilih Contains dari pilihan yang ada. Ketik "hsbc.co.id".
- Pilih Inbox sebagai folder pilihan Anda.
- Fungsi ini dapat ditemukan di email provider seperti Yahoo Mail/Hotmail/Gmail (paid account).
|
11. Saya sudah mendapatkan E-Statement namun mengapa saya tidak berhasil membuka Billing Statement tersebut dengan pesan password salah?
Anda harus menggunakan format password dengan benar seperti yang tertera pada email. Apabila Anda memiliki lebih dari satu Kartu Kredit HSBC, Anda perlu memperhatikan dengan teliti nomor kartu kredit yang dimaksud. Atau, apabila kartu kredit Anda dalam proses penggantian, pastikan Anda menggunakan nomor kartu kredit yang sesuai.
|