Program Keringanan Pembiayaan Dampak COVID-19

main banner

Di tengah merebaknya wabah COVID-19, kami berkomitmen untuk membantu Anda apabila Anda terkena dampak. Baik terdampak secara kesehatan maupun ekonomi.

Di halaman ini, Anda dapat mengajukan keringanan pembiayaan melalui program Keringanan Pembiayaan Dampak COVID-19. Bentuk keringanan pembiayaan yang dapat Anda manfaatkan:

  1. Ubah tagihan menjadi cicilan hingga 24 bulan dengan bunga rendah
  2. Perpanjangan tenor pinjaman hingga 12 bulan dengan bunga rendah
  3. Penundaan pembayaran pokok pinjaman dan bunga (payment holiday) selama 3 bulan
  4. Lainnya

1
Isi formulir aplikasi ini dengan lengkap dan benar.
2
HSBC mengirimkan email ke alamat email yang Anda masukkan mengenai detil aplikasi Anda berikut dengan Nomor Referensi aplikasi Anda. Ikuti instruksi di email untuk tahap berikutnya.
3
Anda mengirimkan semua persyaratan dokumen (jika Anda menyatakan dokumen tersedia pada formulir yang akan Anda isi di bawah) ke dokumen@hsbc.co.id dalam 2 hari kerja sejak menerima email pada step 2. Untuk subyek email, gunakan format "Dokumen Permohonan Keringanan Pembiayaan <spasi> Nomor Referensi"
4
HSBC melakukan assessment atas aplikasi Anda.
5
HSBC menginformasikan status persetujuan aplikasi Anda ke nomor telepon dan/atau email Anda yang terdaftar di sistem HSBC.

Formulir Aplikasi

1. Informasi Nasabah

Kolom ini wajib diisi. Mohon masukkan nama lengkap Anda sesuai KTP.
Silakan masukkan nomor KTP yang valid (numerik tanpa spasi dan karakter)
Silakan masukkan nomor telepon yang valid (numerik tanpa spasi dan karakter)
Pastikan alamat email Anda sudah dimasukkan dengan benar. Informasi lebih lanjut mengenai permohonan ini akan kami kirimkan ke alamat email yang Anda masukkan
Silakan masukkan email yang valid (contoh: someone@hsbc.co.id)
Mohon masukkan kembali alamat email Anda
Silakan masukkan email yang valid (contoh: someone@hsbc.co.id)

2. Produk dan Pilihan Program

Silakan pilih jumlah nomor Kartu Kredit/Flexi Credit/Personal Installment Loan/Kredit Pemilikan Rumah yang ingin Anda ajukan

Produk Pertama

Silakan pilih jenis produk pertama
Masukkan 10 digit/angka terakhir nomor Kartu Kredit utama Anda. Masukkan angka tanpa spasi atau tanda baca lainnya.
Nomor kartu kredit terdiri dari 16 digit/angka. Pastikan Anda hanya memasukkan 10 digit/angka terakhir.
Masukkan 16 digit nomor Flexi Credit Anda Masukkan 12 digit rekening Personal Installment Loan Anda Masukkan 12 digit nomor rekening HSBC Anda
Silakan masukkan nomor kartu/rekening
Untuk program Penundanaan pembayaran pokok pinjaman dan bunga (payment holiday) selama 3 bulan, semua pilihan program untuk produk lain (jika ada), akan disamakan.
Silakan pilih program

Produk Kedua

Silakan pilih jenis produk kedua
Masukkan 10 digit/angka terakhir nomor Kartu Kredit utama Anda. Masukkan angka tanpa spasi atau tanda baca lainnya.
Nomor kartu kredit terdiri dari 16 digit/angka. Pastikan Anda hanya memasukkan 10 digit/angka terakhir.
Masukkan 16 digit nomor Flexi Credit Anda Masukkan 12 digit rekening Personal Installment Loan Anda Masukkan 12 digit nomor rekening HSBC Anda
Silakan masukkan nomor kartu/rekening
Untuk program Penundanaan pembayaran pokok pinjaman dan bunga (payment holiday) selama 3 bulan, semua pilihan program untuk produk lain (jika ada), akan disamakan.
Silakan pilih program

Produk Ketiga

Silakan pilih jenis produk ketiga
Masukkan 10 digit/angka terakhir nomor Kartu Kredit utama Anda. Masukkan angka tanpa spasi atau tanda baca lainnya.
Nomor kartu kredit terdiri dari 16 digit/angka. Pastikan Anda hanya memasukkan 10 digit/angka terakhir.
Masukkan 16 digit nomor Flexi Credit Anda Masukkan 12 digit rekening Personal Installment Loan Anda Masukkan 12 digit nomor rekening HSBC Anda
Silakan masukkan nomor kartu/rekening
Untuk program Penundanaan pembayaran pokok pinjaman dan bunga (payment holiday) selama 3 bulan, semua pilihan program untuk produk lain (jika ada), akan disamakan.
Silakan pilih program

Produk Keempat

Silakan pilih jenis produk keempat
Masukkan 10 digit/angka terakhir nomor Kartu Kredit utama Anda. Masukkan angka tanpa spasi atau tanda baca lainnya.
Nomor kartu kredit terdiri dari 16 digit/angka. Pastikan Anda hanya memasukkan 10 digit/angka terakhir.
Masukkan 16 digit nomor Flexi Credit Anda Masukkan 12 digit rekening Personal Installment Loan Anda Masukkan 12 digit nomor rekening HSBC Anda
Silakan masukkan nomor kartu/rekening
Untuk program Penundanaan pembayaran pokok pinjaman dan bunga (payment holiday) selama 3 bulan, semua pilihan program untuk produk lain (jika ada), akan disamakan.
Silakan pilih program

Produk Kelima

Silakan pilih jenis produk kelima
Masukkan 10 digit/angka terakhir nomor Kartu Kredit utama Anda. Masukkan angka tanpa spasi atau tanda baca lainnya.
Nomor kartu kredit terdiri dari 16 digit/angka. Pastikan Anda hanya memasukkan 10 digit/angka terakhir.
Masukkan 16 digit nomor Flexi Credit Anda Masukkan 12 digit rekening Personal Installment Loan Anda Masukkan 12 digit nomor rekening HSBC Anda
Silakan masukkan nomor kartu/rekening
Untuk program Penundanaan pembayaran pokok pinjaman dan bunga (payment holiday) selama 3 bulan, semua pilihan program untuk produk lain (jika ada), akan disamakan.
Silakan pilih program

3. Informasi Dampak Pandemi COVID-19

Silakan pilih dampak pandemi COVID-19 terhadap Anda
Silakan pilih siapa yang terkena dampak kesehatan COVID-19
Silakan pilih sektor industri Anda
Silakan pilih tipe pekerjaan
Silakan masukkan penghasilan bersih (yang masih Anda terima) per bulan dalam Rupiah. Masukkan hanya angka saja.
Silakan masukkan informasi penghasilan bersih per bulan Anda saat ini (dalam Rupiah). Masukkan angka saja tanpa tanda baca, misal koma atau titik
Dokumen yang diperlukan:
  1. Scan/foto KTP Nasabah yang sah, jelas dan dapat terbaca; dan
  2. Salah satu dari dokumen di bawah ini:
    1. Scan/foto surat keterangan dokter atau rumah sakit menyatakan Nasabah terdampak COVID-19, atau
    2. Scan/foto hasil laboratorium atau diagnosa dokter, menyatakan Nasabah terdampak COVID-19

Mohon informasikan ketersediaan dokumen di atas pada kolom di bawah. Kami akan tetap dapat meninjau aplikasi Anda apabila Anda tidak dapat menyediakan kelengkapan dokumen persyaratan, mohon memberikan alasan mengapa dokumen tersebut tidak dapat Anda sediakan.

Dokumen yang diperlukan:
  1. Scan/foto KTP Nasabah yang sah, jelas dan dapat terbaca
  2. Scan/foto KTP kerabat yang terdampak
  3. Scan/foto Kartu Keluarga (nama orang yang tinggal serumah tercantum), atau akta nikah (bila yang terdampak adalah pasangan)
  4. Salah satu dari dokumen di bawah ini:
    1. Scan/foto surat keterangan dokter/rumah sakit, menyatakan orang yang tinggal serumah terdampak COVID-19, atau
    2. Scan/foto hasil laboratorium atau diagnosa dokter, menyatakan orang yang tinggal serumah terdampak

Mohon informasikan ketersediaan dokumen di atas pada kolom di bawah. Kami akan tetap dapat meninjau aplikasi Anda apabila Anda tidak dapat menyediakan kelengkapan dokumen persyaratan, mohon memberikan alasan mengapa dokumen tersebut tidak dapat Anda sediakan.

Dokumen yang diperlukan:
  1. Scan/foto KTP Nasabah yang sah, jelas dan dapat terbaca; dan
  2. Salah satu dari dokumen di bawah ini:
    1. Scan/foto Kartu Identitas Karyawan/Staf yang yang sah, jelas dan dapat terbaca, atau
    2. Scan/foto slip gaji 2 bulan terakhir, atau
    3. Scan/foto surat keterangan perusahaan yang menyatakan karyawan terkena dampak Pandemi COVID-19, misal: PHK/pemotongan gaji/unpaid period (dalam surat harus tercantum nama Nasabah)

Mohon informasikan ketersediaan dokumen di atas pada kolom di bawah. Kami akan tetap dapat meninjau aplikasi Anda apabila Anda tidak dapat menyediakan kelengkapan dokumen persyaratan, mohon memberikan alasan mengapa dokumen tersebut tidak dapat Anda sediakan.

Dokumen yang diperlukan:
  1. Scan/foto KTP Nasabah yang sah, jelas dan dapat terbaca; dan
  2. Salah satu dari dokumen di bawah ini:
    1. Scan/foto surat keterangan perusahaan yang menyatakan karyawan terkena dampak Pandemi COVID-19, misal: PHK/pemotongan gaji/unpaid period (dalam surat harus tercantum nama Nasabah), atau
    2. Scan/foto slip gaji 2 bulan terakhir

Mohon informasikan ketersediaan dokumen di atas pada kolom di bawah. Kami akan tetap dapat meninjau aplikasi Anda apabila Anda tidak dapat menyediakan kelengkapan dokumen persyaratan, mohon memberikan alasan mengapa dokumen tersebut tidak dapat Anda sediakan.

Dokumen yang diperlukan:
  1. Scan/foto KTP Nasabah yang sah, jelas dan dapat terbaca; dan
  2. Salah satu dari dokumen di bawah ini:
    1. Scan/foto TDP/SIUP/Surat keterangan legalitas usaha yang setara (dokumen harus masih berlaku dan sah), atau
    2. Scan/foto rekening giro (rekening koran 1 bulan terakhir yang tertanggal tidak lebih dari 45 hari dari tanggal pengajuan) yang menunjukkan penurunan mutasi transaksi dikarenakan imbas penurunan bisnis, atau
    3. Scan/foto surat pengumuman penutupan akses ke kantor/tempat usaha karena terimbas pandemi COVID-19, dikeluarkan oleh pihak berwenang (misal: building management atau pengelola kawasan)

Mohon informasikan ketersediaan dokumen di atas pada kolom di bawah. Kami akan tetap dapat meninjau aplikasi Anda apabila Anda tidak dapat menyediakan kelengkapan dokumen persyaratan, mohon memberikan alasan mengapa dokumen tersebut tidak dapat Anda sediakan.

Silakan pilih kelengkapan dokumen yang diminta

Mohon informasikan mengapa dokumen yang dipersyaratkan tidak tersedia saat ini:

Silakan pilih salah satu dari kondisi yang ada
Silakan pilih salah satu dari kondisi yang ada
Silakan pilih salah satu dari kondisi yang ada
Silakan pilih salah satu dari kondisi yang ada
Silakan pilih salah satu dari kondisi yang ada
Silakan pilih salah satu dari kondisi yang ada
Silakan pilih salah satu dari kondisi yang ada
Mohon isi minimum dengan 30 karakter dan maksimum 500 karakter
Silakan isi dengan deskripsi lengkap dan singkat mengenai kondisi Anda saat ini.

4. Konfirmasi Syarat dan Ketentuan

Mohon baca dan berikan persetujuan Anda terhadap tiap-tiap Syarat dan Ketentuan di bawah ini.

Silakan centang box Syarat dan Ketentuan ini untuk melanjutkan
Silakan centang box Syarat dan Ketentuan ini untuk melanjutkan
Silakan centang box Syarat dan Ketentuan ini untuk melanjutkan
Silakan centang box Syarat dan Ketentuan ini untuk melanjutkan
Silakan centang box Syarat dan Ketentuan ini untuk melanjutkan
Silakan centang box Syarat dan Ketentuan ini untuk melanjutkan
Silakan centang box Syarat dan Ketentuan ini untuk melanjutkan
Silakan centang box Syarat dan Ketentuan ini untuk melanjutkan
  1. Program Keringanan Pembiayaan Dampak Covid-19 (Special Relief Program) adalah program keringanan pembayaran khusus yang diberikan kepada nasabah perorangan yang memiliki fasilitas Kartu Kredit, Flexi Credit, Personal Installment Loan (PIL) atau Kredit Pemilikan Rumah (KPR) di PT Bank HSBC Indonesia ("Bank") yang terkena dampak kesehatan atau finansial dari pandemi Covid-19 ("Nasabah"), selanjutnya disebut sebagai "Program".
  2. Bentuk keringanan pembiayaan yang dapat diberikan kepada Nasabah antara lain penurunan suku bunga kredit dan penjadwalan ulang pembayaran kewajiban Nasabah, dimana Nasabah akan dilaporkan dalam Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) sebagai penerima fasilitas Restrukturisasi karena dampak COVID-19, dengan mengikuti ketentuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
  3. Program ini berlaku untuk Nasabah yang terdampak secara kesehatan atau kesulitan finansial dengan acuan utama sektor industri yang terimbas pandemi Covid-19 yang ditetapkan oleh Pemerintah mulai 16 Maret 2020.
  4. Untuk mengikuti Program ini, Nasabah dapat mengajukan permohonan melalui situs resmi Bank dan/atau cara lain yang diinformasikan oleh Bank. Nasabah wajib untuk mengirimkan dokumen pendukung yang dipersyaratkan oleh Bank secara lengkap dalam batas 2 (dua) hari kerja sejak pengajuan, ke alamat email Bank yang akan diberitahukan kepada Nasabah.
    Jika dokumen pendukung tidak tersedia dapat digantikan dengan self-declaration pada formulir aplikasi dan/atau percakapan yang direkam (voice recorded) dengan memberikan alasan kendala Nasabah memberikan dokumen yang diminta. Dalam hal Nasabah tidak dapat mengirimkan dokumen pendukung atau tidak bersedia memberikan self delaration, maka pengajuan akan dianggap batal.
  5. Setelah persyaratan dokumen/pernyataan diterima lengkap, Bank akan melakukan verifikasi dan menghubungi Nasabah antara 5 (lima) sampai 7 (tujuh) hari kerja ke nomor telepon dan/atau email Nasabah yang terdaftar pada sistem Bank untuk memberikan konfirmasi disetujui atau tidaknya pengajuan Nasabah.
  6. Nasabah memberikan kuasa kepada Bank dan/atau pihak ketiga yang bekerjasama dengan Bank termasuk menghubungi sumber mana pun yang layak menurut Bank untuk memeriksa semua kebenaran informasi yang telah Nasabah berikan sehubungan dengan pengajuan ini.
  7. Nasabah menyetujui bahwa Bank berhak untuk melakukan pengkinian data terhadap informasi yang diberikan oleh Nasabah dalam pengajuan Program ini.
  8. Nasabah mengakui bahwa Bank dapat menerima, menolak ataupun memberikan bentuk keringanan lainnya yang berbeda dengan bentuk keringanan yang diajukan oleh Nasabah berdasarkan kebijakannya, yang mana keputusan Bank akan diberitahukan kepada Nasabah.
  9. Keringanan pembiayaan hanya dapat diberikan adalah 1 (satu) kali untuk setiap fasilitas kredit yang dimiliki oleh Nasabah (Kartu Kredit/Flexi Kredit/Personal Installment Loan/Kredit Pemilikan Rumah).
  10. Bank berwenang untuk mengubah Program ini sewaktu-waktu dengan pemberitahuan sebelumnya mengikuti perkembangan situasi, serta arahan dari Otoritas Jasa Keuangan dan Bank Indonesia, termasuk di dalamnya dan tidak terbatas kepada kriteria, proses dan tingkat suku bunga.
  11. Apabila dalam masa proses pengajuan Program terdapat tagihan yang sudah jatuh tempo, maka Nasabah wajib membayar tagihan tersebut sesuai dengan tagihan yang telah jatuh tempo tersebut.
  12. Khusus untuk Nasabah Kartu Kredit: Kewajiban Nasabah yang akan dipertimbangkan dalam Program adalah transaksi yang telah tercatat (posted) pada sistem Bank. Transaksi dari Merchant Acquire yang belum tercatat (unposted) pada sistem Bank akan masuk ke dalam lembar tagihan bulan berikutnya dan harus dibayar secara normal.