You are here:

You are not logged on.  Log on to Internet Banking Icon: Not logged on

Kartu Chip

Chip Card

Tentang Kartu Kredit Chip

main_anim


Kartu Kredit Chip
Sebagai bentuk pemahaman kami akan kenyamanan dan keamanan transaksi kartu kredit, HSBC dengan bangga mempersembahkan desain kartu kredit terbaru yang dilengkapi dengan chip.


 

Kartu kredit yang dilengkapi dengan chip adalah kartu kredit magnet yang pada sisi depan kartunya ditanamkan microchip yang menjamin keamanan dan kenyamanan transaksi Anda karena semua informasi rahasia Anda terlindungi dan tersimpan aman di dalam microchip yang ada di dalam kartu kredit Anda sehingga data pribadi Anda tidak akan dengan mudah dipalsukan.

 

Mengapa Kartu Kridit Chip?

Saat ini di seluruh dunia, teknologi chip sudah menjadi salah satu standar keamanan yang telah dipergunakan secara luas dalam bertransaksi karena terbukti mampu mengurangi resiko kerugian bagi para pemegang kartu kredit akibat munculnya kartu kredit palsu karena semua data rahasia pribadi Anda yang tersimpan di dalam chip dilindungi dengan kode-kode rahasia sehingga tidak akan dengan mudah diduplikasi dan dipalsukan.

Selain itu, Kartu kredit chip juga telah diterima di merchant-merchant di seluruh dunia sehingga Anda tidak perlu khawatir menggunakan kartu kredit chip untuk melakukan transaksi di manapun Anda berada.

 

Bagaimana mendapatkannya?

Kartu kredit chip akan diberikan kepada Anda, pemegang kartu kredit Visa dan MasterCard yang baru. Bagi Anda yang saat ini telah memiliki kartu kredit dengan magnet, kartu kredit Anda akan diganti dengan kartu kredit chip pada saat masa berlaku kartu Anda telah habis. Anda tidak perlu merasa khawatir karena kartu kredit magnet yang Anda miliki saat ini tetap berlaku dan dapat Anda gunakan untuk bertansaksi seperti biasa.

 

Bagaimana menggunakannya?

chip cardPenggunaan di mesin EDC yang telah dilengkapi dengan terminal chip

Kasir akan memasukkan kartu kredit chip Anda ke dalam mesin EDC hingga bukti transaksi keluar dari mesin EDC.

Anda diminta untuk membubuhkan tanda tangan pada slip transaksi


iconPenggunaan di mesin EDC yang belum dilengkapi dengan terminal chip

Jika Anda melakukan transaksi di merchant yang belum dilengkapi dengan terminal chip, kartu kredit Anda akan digesek pada mesin EDC seperti biasa.

 

Anda juga dapat menggunakan kartu kredit chip Anda di mesin ATM, melakukan transaksi internet atau telepon seperti biasa tanpa perubahan.

 

FAQ

Saya mempunyai beberapa kartu kredit HSBC. Apakah saya masih dapat menggunakan kartu magnet saya sebelum kartu saya diganti dengan kartu chip?

Ya, kartu kredit magnet Anda tetap berlaku dan Anda dapat menggunakannya seperti biasa.

Apakah saya dapat memilih untuk tetap menggunakan kartu kredit magnet dan tidak memakai kartu chip?

Pada saat masa berlaku kartu kredit magnet Anda telah habis, Anda akan memperoleh kartu chip, kartu kredit dengan magnet tidak akan diterbitkan lagi.

Dapatkah kartu chip digunakan di luar negeri?
Ya, kartu chip diterima di seluruh dunia. Anda dapat bertransaksi di mana pun di dalam dan luar negeri.

Bagaimana bila merchant yang saya datangi belum dapat menerima kartu chip?
Tidak semua merchant menggunakan mesin EDC yang memiliki teknologi chip. Bagi merchant yang telah menggunakan mesin EDC yang telah dilengkapi dengan teknologi chip, proses transaksi akan dilakukan dengan memasukkan kartu kredit Anda ke dalam mesin EDC. Namun bagi merchant yang belummemiliki mesin EDC yang dilengkapi dengan teknologi chip, transaksi Anda akan diproses dengan cara biasa yaitu dengan menggesekkan kartu kredit pada mesin EDC.

Mengapa ada beberapa merchant yang sudah menggesek kartu CHIP saya di mesin EDC namun tetap memasukkan kartu saya ke dalam mesin EDC-nya?

Saat ini beberapa merchant masih terbiasa untuk menggesekkan kartu kredit pelanggannya pada mesin EDC. Namun pada saat transaksi dilakukan dengan menggunakan kartu CHIP, mesin EDC akan menunjukkan tampilan pesan untuk memasukkan kartu ke dalam mesin EDC.

Apakah PIN kartu kredit magnet saya masih dapat digunakan untuk kartu chip?
Ya. PIN kartu kredit Anda masih dapat digunakan untuk melakukan transaksi melalui ATM dan Phone Banking.

Apakah transaksi menggunakan kartu chip membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan kartu kredit magnet?
Sehubungan dengan adanya proses otorisasi antara kartu chip dengan mesin EDC, terkadang proses transaksi membutuhkan waktu sedikit lebih lama dibandingkan apabila  menggunakan kartu kredit dengan magnet.

Bagaimana cara saya mengetahui bahwa kartu chip saya mengalami kerusakan?
Anda dapat mengetahui kartu kredit chip Anda mengalami kerusakan saat kasir memasukkan kartu chip Anda ke dalam mesin EDC namun transaksi tidak dapat diproses sehingga kartu Anda harus digesek dan hal ini terjadi berulang kali.

Apa yang harus dilakukan apabila Kartu chip saya rusak atau hilang?
Segera kunjungi cabang HSBC terdekat atau hubungi Layanan Phone Banking HSBC 24 jam di nomor
(021) 5291 4722 atau 0804-1-86-4722 (dari seluruh kota di Indonesia) atau 64722 (dari ponsel Anda), kami akan mengganti kartu Anda dengan yang baru.

 

Bantuan

Untuk Nasabah Personal:
Contact Us (+6221) 5291 4722
  0804-1-86-4722
  64722 (dari telepon selular)
Location Lokasi Cabang HSBC
Location Temukan ATM HSBC