Keamanan Online

Tips bertransaksi aman di Internet Banking

Ikuti beberapa tips berikut untuk menjamin keamanan online banking Anda:

  • Internet Banking HSBC Indonesia hanya diakses melalui www.hsbc.co.id. Pastikan situs yang Anda kunjungi diawali dengan "https://www.hsbc.co.id"
  • Internet Banking HSBC menggunakan teknologi SSL 128bit untuk menjamin keaslian situs HSBC yang ditunjukkan dengan gambar gembok/kunci pada peramban/browser internet Anda.
  • Periksa sertifikat SSL saat Anda mengunjungi situs web HSBC Indonesia dan pastikan sertifikat tersebut diterbitkan untuk www.hsbc.co.id oleh penerbit Verisign.

    ssl certificate
  • Aktivitas Internet Banking berikut mengharuskan penggunaan token HSBC:
    • logon menggunakan token
    • transfer dana ke pihak ketiga: inhouse transfer ke pihak ketiga, SKN, RTGS, Telegraphic Transfer, Global Transfer, Online Realtime Transfer and Billpayment
    • perbarui informasi pribadi, perbarui alamat korespondensi, permintaan penggantian PIN, merubah transfer terjadwal dan transfer berkala, peningkatan sementara limit kartu kredit
    • reset password pertama dan reset PIN token
  • HSBC tidak meminta Anda memasukkan Kode Keamanan dari token HSBC diluar fungsi-fungsi yang tertera diatas. Jika Anda mendapatkan layar yang meminta Anda memasukkan Kode Keamanan dari token HSBC di luar fungsi-fungsi tertera di atas, segera hubungi layanan HSBC Phone Banking di 1500808 atau (021) 2552 6603.
  • Jangan beritahukan username, password, PIN token dan kode keamanan kepada orang lain. Hafalkan kata sandi dan PIN token Anda. HSBC tidak akan pernah menghubungi Anda untuk menanyakan informasi pribadi tersebut.
  • Ganti password dan PIN token Anda secara berkala dengan kombinasi yang sulit ditebak.
  • Simpan token di tempat yang aman dan jangan digunakan oleh orang lain.
  • Cek saldo rekening Anda secara berkala. Laporkan segera transaksi yang tidak wajar.
  • Saat melakukan transfer dana, pastikan nama dan nomor rekening tujuan penerima transfer telah benar sebelum Anda mengkonfirmasi instruksi transfer dana tersebut.
  • Gunakan jaringan internet yang aman dan terproteksi. Hindari penggunaan jaringan internet yang diragukan keamanannya (contoh: warnet, wifi umum).
  • Jika Anda menemukan indikasi yang tidak wajar saat mengakses Internet Banking HSBC, maka segera hentikan akses Internet Banking HSBC Anda dan hubungi layanan Phone Banking HSBC 24-jam di nomor 1500808 atau (021) 2552 6603.

Informasi tentang Phising Email

Contoh Email Palsu

Kami ingin memberitahukan bahwa akhir-akhir ini terdapat email yang seakan-akan berasal dari HSBC. Email tersebut mengajak pengunjung untuk meng-klik sebuah link dan meminta informasi pribadi dan keuangan dari pengunjung melalui website HSBC yang palsu. Dibawah ini adalah beberapa contoh tampilan dari beberapa email palsu tersebut

1

1

Setelah pengunjung meng-klik "click here", email tersebut akan membawa dan mengarahkan nasabah untuk memasuki website HSBC yang palsu, dimana tampilannya akan seperti ini:


a
a


Apa yang harus Anda lakukan?

1

INGAT: HSBC tidak pernah memberikan link ke halaman login Internet Banking/online@hsbc atau halaman website yang menanyakan mengenai informasi pribadi atau keuangan melalui email. HSBC juga tidak pernah menanyakan: Password, PIN atau Security Code melalui telepon atau email.

Jika Anda membutuhkan bantuan selanjutnya:



  • Untuk nasabah perbankan Personal, silakan menghubungi Layanan HSBC Phone Banking 24-jam di 1500808 atau (6221) 2552 6603 from Overseas
Online Security

Lebih lanjut tentang keamanan transaksi perbankan