You are here:

You are not logged on.  Log on to Internet Banking Icon: Not logged on

Panduan untuk transaksi ekspor

Panduan mengenai Ekspor

1. Buka rekening

Membuka rekening dengan HSBC adalah kunci untuk mengekspor lebih efisien. Tidak ada fasilitas atau dokumentasi khusus yang akan diperlukan.

Untuk mengalihkan bisnis ekspor Anda ke HSBC, hanya diperlukan untuk :

Guide to Exporting Mendaftar rekening perdagangan atau membuka rekening dengan kami.

Guide to ExportingMelengkapi pembukaan dokumen ekspor-impor.

Guide to ExportingMenyerahkan dokumentasi ekspor Anda.


2. Cari tahu lebih banyak mengenai mitra perdagangan

Perdagangan dan informasi kredit yang akurat sangat penting untuk bisnis internasional agar Anda dapat membuat kontak dengan eksportir atau importir handal sedunia dan guna mengenali identitas pasar serta mitra bisnis potensial.

Guna mendapatkan informasi ini, HSBC akan menyediakan informasi itu untuk Anda:

Guide to ExportingInformasi perdagangan dan kredit HSBC: Bagian ekspor-impor akan menyediakan informasi kredit kami dapat memberikan Anda data perusahaan yang memungkinkan Anda mengenali mitra perdagangan yang handal dengan penuh keyakinan.

Guide to ExportingLayanan Internet: sejumlah situs internet yang khusus menyediakan informasi ekspor-impor secara online.

Guide to ExportingCD ROM direktori ekspor-impor

Guide to Exporting Asosiasi perdagangan

Guide to ExportingKamar Dagang

Guide to ExportingArsip berita

Guide to ExportingBisnis rujukan perusahaan


3. Setuju syarat pengiriman dengan Vendor Anda

Terdapat empat cara bagi Anda untuk menerima pembayaran dari pembeli Anda dalam perdagangan internasional

Guide to ExportingAdvance Payment: cara ini adalah pilihan cara paling rendah resiko bagi para eksportir sebelum barang dikirimkan. Untuk hubungan perdagangan baru, sangat jarang berdagang dengan syarat tersebut

Guide to ExportingDocumentary Collections: selama permintaan, bank berfungsi sebagai intermediasi yang memastikan bahwa dokumen hanya dikeluarkan terhadap pembayaran atau janji untuk membayar.

Guide to ExportingDocumentary Credits: adalah surat ijin bayar yang dikeluarkan oleh bank penerbit untuk perdagangan ekspor-impor agar memiliki efek pembayaran atas barang yang telah ditentukan sesuai dengan kondisi L/C tersebut. Para eksportir dapat mengambil alih kendali barang hingga pembayaran dilaksanakan, dan sangatlah tidak memungkinkan keuangan pasca pengiriman berdasarkan basis kredit dokumenter.

Guide to ExportingOpen Account: pilihan ini adalah pilihan yang paling beresiko untuk para eksportir dimana mereka dapat melakukan pembayaran setelah pengiriman berlaku.


4. Kirim aplikasi keuangan pra-pengiriman

Sejumlah pilihan pembiayaan pra-pengiriman juga tersedia bagi Anda termasuk

Packing Credits

Manufacturer Advances

Red Clause Credits

Baik Anda mengimpor memakai documentary credits atau collections, Anda dapat senantiasa bertanya pada HSBC untuk kebutuhan keuangan impor Anda.


5. Minta pendapat kredit dokumenter melalui HSBC

Ketika kredit dokumenter dibuka, Anda harus selalu meminta pendapat melalui HSBC. Jaringan kami yang luas berarti bahwa akan selalu ada cabang HSBC dekat dengan Anda, yang memastikan bahwa Anda menerima kredit dokumenter tanpa halangan.


6. Siapkan dokumen Anda

Daftar berikut ini memberikan keterangan langkah/pertanyaan utama yang harus Anda pertimbangkan ketika memeriksa kredit dokumenter apapun.

Guide to Exporting Pastikan bahwa semua kontrak penjualan apapun dan/atau tagihan proforma dicakup termasuk rincian barang, nilai mereka, dan bagaimana serta kapan Anda akan dibayar.

Guide to ExportingKerjakan tanggal kadaluarsa, tanggal pengiriman serta periode presentasi luangkan waktu untuk memanufaktur, menginspeksi dan mengirimkan serta menyajikan dokumen yang diminta ke kami/bank Anda untuk pembayaran?

Guide to Exporting Semua nama dan alamat para pembeli/importir maupun nama serta alamat Anda tepat?

Guide to ExportingApakah jumlah dan mata uang tepat? Apakah Anda perlu menahan eksposur mata uang? Bila ya, kami siap membantu.

Guide to ExportingApakah syarat pengiriman sesuai dengan incoterms Anda misalnya FOB, CFR atau CIF?

Guide to ExportingApakah pengiriman Anda sesuai dengan yang ada di DC, misalnya pengiriman parsial, transhipment, dan pengiriman dari dan menuju beberapa point dari loading dan discharge?

Guide to ExportingDapatkah Anda memperoleh/menyiapkan dokumen yang diminta di DC? Apakah terdapat syarat dan ketentuan dalam DC yang tidak dapat dipenuhi?

Guide to ExportingBila bank membebankan biaya (termasuk bunga) untuk rekening Anda, apakah Anda sepakat membayar mereka dan bila demikian apakah mereka tercakup dengan baik dalam margin keuntungan Anda?

Dalam kondisi tertentu. HSBC dapat mengatur persiapan dokumentasi dan menerbitkan dokumen ke pihak ketiga.


Presentasi dokumen Anda kepada kami

Standar pemeriksaan HSBC tidaklah ketat, dan prosedur kami dirancang guna memastikan bahwa Anda, nasabah kami, cukup mengetahui adanya resiko bahwa dokumen Anda mungkin ditolak.

Selain itu, semua kantor telah menetapkan adanya turnaround untuk bill ekspor guna memastikan dokumen Anda dinegosiasikan dan dikirim berdasarkan kerangka waktu umumnya dalam satu hari penerimaan. Hal ini memungkinkan Anda untuk merencanakan cash flow lebih efektif.


7. Pengajuan aplikasi untuk keuangan pasca-pengiriman

Dokumen tanpa penyimpanan

Jika dokumen Anda, setelah diperiksa, tidak terdapat adanya penyimpanan, kami dapat memproses dokumen Anda untuk dinegosi serta membayarkannya pada Anda dengan nilai diskonto dari tagihan. Secara umum, tidak ada fasilitas yang diperlukan dan dana biasanya akan diberikan kepada Anda pada hari yang sama bila dokumen dipresentasikan sebelum siang hari.

Dokumen yang tidak lengkap

Bila Anda memerlukan keuangan pasca-pengirimanan untuk bill ekspor yang tidak lengkap, Anda sebaiknya membicarakan ini dengan kami untuk melengkapi surat indemnitas.


8. Asuransi kargo kelautan

Sejumlah kantor HSBC telah menetapkan tim asuransi kelautan yang berdedikasi guna membantu Anda memproses dokumentasi perdagangan dan asuransi secara lebih efisien, yang memberikan Anda kenyamanan serta keamanan saat Anda berbisnis secara internasional.


9. Tindak lanjut

HSBC akan terus bekerja atas nama Anda hingga bill ekspor telah dibayarkan. Pekerjaan tindak lanjut kami termasuk:

Guide to ExportingMengingatkan via teleks ke bank penerbit DC pada hari sebelum bill Anda jatuh tempo guna mendapatkan pembayaran yang tepat.

Guide to ExportingMenarik suku bunga atas nama Anda atas pembayaran yang terlambat.

Guide to ExportingMemobilisasi jaringan internasional guna mencari solusi sengketa perdagangan di luar negeri.

Langkah Selanjutnya

Contact UsHubungi Kami:

Nuraini
(+6221) 524 6531

Ferry
(+6221) 524 6689

Delia
(+6221) 524 6346

Eva
(+6221) 524 6349

Mia
(+6221) 524 6234

Call center Call Center

contact Us(+6221) 2551 4777
contact Us0807-1-86-4722
contact Us0807-1-TO-HSBC

Kunjungi kamiKunjungi

Trade and Supply
Chain & Sales
Branches
kami.

Mari berbicaraMari Berbicara

FaxFax

(+6221) 524 6622
(+6221) 5291 4555